Breaking News:

Partai Politik

Surya Paloh: Saya Tak Butuh Golkar Lagi

Ketua Umum sekaligus pendiri Ormas Masyarakat Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh resmi mundur dari Partai Golkar.

Surya Paloh: Saya Tak Butuh Golkar Lagi
Ketua Umum sekaligus pendiri Ormas Masyarakat Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum sekaligus pendiri Ormas Masyarakat Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh resmi mundur dari Partai Golkar. Menurutnya, pengunduran dirinya tersebut merupakan langkah anti-klimaks terhadap perjuangannya selama 43 tahun di partai berlambang pohon beringin tersebut.



Golkar, saya yakin, tidak memerlukan saya lagi. Dan saya juga berfikir, kalau saya sudah tidak memerlukan golkar lagi.


"Saya anti klimaks di Golkar. Karena Golkar, saya yakin, tidak memerlukan saya lagi. Dan saya juga berfikir, kalau saya sudah tidak memerlukan golkar lagi," ujar Paloh saat melakukan Konferensi Pers di Kantor DPP Nasdem, Jakarta, Rabu (7/9/2011).


Namun demikian, Paloh mengatakan, pilihan ini bukanlah akhir dari kariernya di dunia politik. Dia meyakini peran politiknya tidak akan berakhir seiring keputusannya keluar dari Golkar.


"Perubahan ini adalah perkara hari ini dan hari depan. Perubahan membutuhkan organisasi politik yang bisa menempa kader dan massa dengan elan pergerakan, memimpin rakyat, serta mengorganisasikan perjuangan untuk menjawab tantangan zaman," tuturnya.


Sebelumnya, Paloh mengatakan, salah satu pertimbangan pengunduran dirinya tersebut, karena ia menilai Partai Golkar tidak mampu berinteraksi dengan satu keinginan yang timbul dalam masyarakat. Hal itu, kata Paloh, dapat dilihat dari angka pemilih Partai Golkar pada Pemilihan Umum, dari 24 persen pada 1999 menurun hingga 14 persen di Pemilu terakhir pada 2009.


"Ini merupakan sebuah tren penurunan. Ada apa, apa yang salah? ada yang kurang dalam Golkar. Tentu wajar apabila ini merupakan sebuah perenungan bagi kader-kader sejati Golkar," jelas Paloh.

Editor: mufti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved