Banjir Abdya Kurung Lama Tuha

Kawasan Lama Muda, sebuah dusun di Gampong Lama Tuha, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Abdya, hingga Sabtu (3/12) dilaporkan

* Singkil Terendam Banjir Kiriman

BLANGPIDIE - Kawasan Lama Muda, sebuah dusun di Gampong Lama Tuha, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Abdya, hingga Sabtu (3/12) dilaporkan masih dikepung banjir yang membuat ratusan kepala keluarga di dusun itu terkurung.

“Sudah tiga hari kami tidak bisa ke luar karena badan jalan menuju permukiman berubah layaknya sungai. Ketinggian air mencapai 1 meter. Kalaupun terpaksa ke luar harus menggunakan sampan atau speed boat,” kata Zulkarnain, warga Dusun Lama Tuha yang dihubungi Serambi, Sabtu (3/12).

Meurut Zulkarnain, banjir luapan yang menggenangi badan jalan ke kawasan tersebut terjadi sejak Kamis (1/12), dan hingga Sabtu petang kemarin belum ada tanda-tanda surut.

Camat Kuala Batee, Erwandi SKm membenarkan badan jalan menuju kawasan Lama Tuha belum bisa dilalui kendaraan akibat dikepung banjir. “Warga yang menggunakan perahu masih bisa ke luar sebab hanya beberapa titik badan jalan yang terendam,” kata Erwandi.

Beberapa kawasan di Kecamatan Singkil yang merupakan ibu kota Kabupaten Aceh Singkil, Sabtu kemarin mulai terendam akibat banjir kiriman yang mengakibatkan sungai meluap.

Banjir bukan hanya merendam permukiman penduduk tetapi ruas jalan Singkil-Subulussalam di sejumlah titik juga tak bisa dilewati. Sepeda motor dan mobil tetap berusaha menerobos dengan risiko terseret arus.

Badan jalan yang terendam antara lain di Desa Ketapang Indah, Kecamatan Singkil Utara. Di kawasan ini banjir sudah terjadi tiga hari.

Titik lainnya yang juga terendam di Desa Ujung Bawang hingga ke Desa Pemuka, Kecamatan Singkil. Di lokasi ini arus air cukup kuat, dengan panjang jalan yang tergenang lebih 1 kilometer. Perumahan penduduk di Kecamatan Singkil yang terendam banjir pada Sabtu kemarin antara lain Desa Ujung Bawang, Payabumbung, Siti Ambia, Suka Makmur, Kuta Simboling, Rantau Gedang, Teluk Rumbia, dan Desa Takal Pasir.(tz/c39)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved