Breaking News:

Mi Caluek dan Es Mambo Aman

Hasil penelitian Tim Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Aceh menunjukkan, mayoritas makanan dan minuman

Editor: bakri
Mi Caluek dan Es Mambo Aman
TIM Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Aceh sedang meneliti jajanan sekolah di SDN-10 Lhokseumawe, Selasa (20/12).SERAMBI/JAFARUDDIN
* Hasil Penelitian BBPOM di Enam SD di Lhokseumawe

LHOKSEUMAWE - Hasil penelitian Tim Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Aceh menunjukkan, mayoritas makanan dan minuman yang dijajakan di lingkungan sekolah dasar di Kota Lhokseumawe, aman dikonsumsi. Kadar aman ini termasuk untuk jenis makanan yang cukup populer di kalangan siswa SD, seperti mi caluek, es mambo, bakso goreng, dan lainnya.

Kesimpulan itu diperoleh pihak BBPOM setelah timnya meneliti 45 sampel dari 10 jenis makanan anak sekolah di enam sekolah dasar di wilayah kota Lhokseumawe. Seluruh sampel makanan tersebut diteliti dengan alat yang berada dalam mobil di halaman SDN-10. Adapun kandungan zat kimia berbahaya yang diteliti adalah, formalin, borax, rhodamin B (pewarna tekstil), dan metanil yellow (bahan pereaksi kimia).

“Semua jajanan sekolah itu kita beli dari pemilik warung di lingkungan sekolah, kemudian kita teliti. Tiga jam kemudian baru kita ketahui bahwa dari 45 sampel yang kita uji tak satu pun yang mengandung zat berbahaya,” kata Koordinator BBPOM Aceh Suryani Fauzi kepada Serambi, Selasa (20/12).

Suryani mengatakan, penelitian dan pengujian jajanan di sekitar sekolah dasar ini, dilakukan pihaknya untuk memastikan apakah jajanan yang dijual di sekitar sekolah aman dikonsumsi atau tidak. “Sebelumnya kegiatan ini juga kita lakukan di kabupaten lain,” ujarnya.

Meskipun dari semua sampel yang diteliti aman, lanjut Suryani, tapi diharapkan ke depan pihak sekolah juga melakukan pengawasan kepada muridnya, supaya anak sekolah tak mengkomsumsi jajanan sekolah secara sembarangan.

Selain itu, pihak BBPOM juga melakukan sosialisasi kepada murid SD supaya tidak jajan sembarangan di sekolah. Hal itu untuk menghindari adanya makanan yang tidak sehat untuk dikonsumsi.(c37)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved