Pilkada Bireuen

Calon dari PA tak Ikut Debat

Pasangan nomor urut lima H Ruslan H Daud/Ir Mukhtar MSi yang diusung Partai Aceh (PA) tidak menghadiri debat kandidat yang digelar KIP

* Pilkada Bireuen

BIEUEN – Pasangan nomor urut lima H Ruslan H Daud/Ir Mukhtar MSi yang diusung Partai Aceh (PA)   tidak menghadiri debat kandidat yang digelar KIP Bireuen di Wisma Bireuen Jaya, Minggu (17/6).  Sedangkan tujuh pasangan yang lain hadir mengikuti debat mulai dari pukul 09.00 dampai 12.00 WIB sebagaimana jadwal  yang telah ditetapkan .

Amatan Serambi kemarin, puluhan personil Polres Bireuen baik bersenjata lengkap maupun pakaian sipil ditambah sejumlah anggota Brimob mengamankan jalannya kegiatan debat  tersebut. Setiap pengunjung yang hendak mengikuti acara diperiksa satu per satu dengan  menggunakan alat detektor logam.

Para penelis terdiri atas  tiga orang  yaitu Prof Dr M Yusuf Aziz M Pd,  Prof Dr Nazaruddin Syamsuddin yang juga  Dekan Fakultas Syariah  IAIN Ar-Raniry Banda Aceh, dan  Mawardi Ismail SH, MH, dosen fakultas hukum Universitas Syiah Kuala. Moderatornya Syuib dari Lhokseumawe.

Ketujuh pasangan duduk di kursi yang disediakan panitia, kecuali dua kursi untuk pasangan nomor urut lima yang  kosong karena tidak hadir. Dalam debat kandidat kemarin, ketiga penelis melemparkan beberapa persoalan  kepada calon  mulai dari penerapan syariat Islam, peningkatan SDM,  maupun masalah pendidikan.

Ketujuh pasangan diberi kesempatan yang  sama menjawab pertanyaan serupa yang dipandu Syuib. Ratusan undangan baik di aula pertemuan maupun di luar menyaksikan debat tersebut melalui televisi dan memberikan aplus ketika calon yang didukung menjawab dengan tangkas. Begitu jawaban sang kandidat dinilai kurang tepat, maka jawaban ‘huu-huu’ pun menggema.  

Dari tujuh pasangan, sebagian dari mereka mempercayakan kepada calon wakil untuk menjawab sejak dimulai debat, misalnya pasangan nomor urut tiga, Drs H Hamdani Raden/Murdani Yusuf SE. Hamdani Raden selalu mempersilakan Murdani untuk menjawab pertanyaan panelis.

Sedangkan pasangan lainnya silih berganti menyampaikan jawaban.  Pertemuan kemarin juga dihadiri  unsur Muspida secara  lengkap, anggota KIP, Panwas Bireuen,  maupun Panwas Provinsi.  Mawardi Ismail SH,  salah seorang penelis,  dalam pertemuan kemarin mengatakan, debat kandidat merupakan bagian dari pelaksaan Pilkada Bireuen. Ketujuh pasangan calon telah menyampaikan berbagai program kerja, visi maupun misi masing-masing. Dia mengharapkan, pelaksanaan Pilkada pada  25 Juni mendatang berjalan lancar. (yus)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved