Breaking News:

Pilkada Aceh Tenggara

Galus belum Kondusif

Kondisi Kabupaten Gayo Lues (Galus) dinilai belum kondusif pasca Pilkada 9 April 2012 yang dimenangkan incumbent Ibnu

Editor: bakri
* Poskamling Kembali Diaktifkan

BLANGKEJEREN - Kondisi Kabupaten Gayo Lues (Galus) dinilai belum kondusif pasca Pilkada 9 April 2012 yang dimenangkan incumbent Ibnu Hasim, tetapi belum juga dilantik Gubernur Aceh. Tak pelak, Polres Galus kembali mengaktifkan Poskamling di seluruh desa dalam 11 kecamatan negeri Seribu Bukit itu sejak Sabtu (8/9) lalu.

Aksi pembakaran sejumlah mobil dinas dan terbaru, milik Camat Tripe Jaya pada Rabu (5/9/2012) dinihari di depan rumahnya, diduga sebagai pemicunya. Pengumuman jaga malam dilakukan oleh keuchik atau kepala desa seusai mendapat arahan dari Polres Galus.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh Serambi dalam dua hari terakhir ini, jaga malam sudah diaktifkan di beberapa desa di Kecamatan Kutapanjang dan Blangkejeren, juga beberapa desa dalam kecamatan lainnya. Sejumlah warga Kecamatan Kutapanjang mengaku heran dengan diberlakukannya kembali jaga malam karena kondisi daerah relatif aman.

“Jaga malam telah membuat masyarakat resah karena kamtibmas pada umumnnya baik, sehingga tidak perlu ada kegiatan jaa malam,” kata seorang warga Kutapanjang, kepada Serambi, Senin (10/9). Menurut warga, jaga malam atas perintah keuchik berdasarkan perintah dari Kapolsek.

“Bisa jadi keamanan di wilayah Galus belum kondusif, sehingga masyarakat terpaksa diwajibkan kembali jaga malam di setiap desa,” ujar Syamsudin warga Kutapanjang. Hal lain diutarakan warga lainnya yang menggangap dapat mengganggu aktivitas warga pada siang hari.

“Seharusnya masyarakat bisa beristirahat dengan tenang dan bisa melaksanakan aktivitas pada esok harinya, tanpa jaga malam,” sebut warga lainnya. Dia beralasan, kalau sudah jaga malam, pada esok harinya, warga tidak bisa beraktivitas lagi karena belum tidur seusai jaga malam.

“Katanya, Gayo Lues sudah aman, tetapi jaga malam diaktifkan kembali, seperti jelang Pilkada yang lalu. Padahal daerah lain di Aceh tidak ada lagi jaga malam dan hal ini menjadi pertanyaan masyarakat,” kata seorang warga lainnya.(c40)

Petunjuk Kapolres
Kapolres Galus, AKBP Drs Sofyan Tanjung belum berhasil dihubungi Serambi melalui telepon selular. Tetapi, Kapolsek Kutapanjang, Ipda Maswelyadi mengaku jaga malam diberlakukan berdasarkan petunjuk dan perintah dari Kapolres Galus untuk kepentingan masyarakat sendiri dan sesuai program Polri ‘Cipta Kondisi Masyarakat Galus’.

“Jaga malam merupakan penyambung rasa bagi masyarakat yang sedang tidur dan beristirahat,” sebut Maswelyadi. Dikatakan, jaga malam di Kutapanjang sudah diberlakukan sejak Sabtu lalu dan belum ada ada batas waktunya. “Setiap keuchik masing-masing desa sudah disurati, agar jaga malam diaktifkan kembali,” ujar Kapolsek Kutapanjang ini.(c40)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved