Banda Aceh Utus 2 Pegawai ke Jepang

Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh mengutus dua pegawainya ke Jepang untuk belajar rekonstruksi


* Belajar Rekonstruksi

BANDA ACEH - Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh mengutus dua pegawainya ke Jepang untuk belajar rekonstruksi. Kedua pegawai yang akan ikut pelatihan selama setahun (10 Maret 2013- 20 Februari 2014), yaitu Kepala Subbidang Dokumentasi Hukum dan Informasi pada Bagian Hukum, Hafriza, dan staf administrasi Divisi Pembangunan, Yuli Martunis.

Kepastian keberangkatan kedua pegawai itu disampaikan Wali Kota Banda Aceh, Ir Mawardy Nurdin MEngSc, dalam konferensi pers di Balai Kota, Kamis (7/3). Konferensi pers itu turut dihadiri Direktur Utama Program Higashimatsushima Organization for Progress and Economy, Education, Energy (HOPE), Shinji Sato.

Usai konferensi pers, acara dilantujkan Simposium yang dibuka Wali Kota. Ia sangat mendukung kerjasama tersebut. Salah satunya yang sangat potensial untuk dikembangkan adalah kerjasama bidang pengembangan energi terbaru, pendidikan mitigasi bencana, pendidikan lingkungan, pengelolaan limbah, pembangunan infrastruktur, perikanan, teknologi kelautan dan teknologi informasi (IT).

Pelatihan kedua pegawai Pemko Banda Aceh tentang rekonstruksi itu difasilitasi Japan International Cooperation Agency (JICA). Pelatihan akan dipusatkan di Kota Higashimatsushima, Jepang.

Sementara Direktur Utama Program HOPE, Shinji Sato mengatakan melalui kedua peserta pelatihan tersebut dapat mewujudkan proses rekonstruksi yang saling menguntungkan antardua kota yang pernah mengalami musibah tsunami.

Sedangkan Hafriza kepada Serambi mengatakan ia sudah menyiapkan berbagai keperluan selama mengikuti pelatihan di Jepang. Diantaranya, memelajari sosial budaya, bahasa, dan data-data tentang rehabilitasi rekontruksi di Aceh.(m)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved