Breaking News:

Nova Wacanakan Terowongan Geurutee

Anggota DPR RI asal Aceh, Ir Nova Iriansyah MT mewacanakan pentingnya pembangunan terowongan (tunnel) di Gunung Geurutee

Editor: hasyim

JAKARTA - Anggota DPR RI asal Aceh, Ir Nova Iriansyah MT mewacanakan pentingnya pembangunan terowongan (tunnel) di Gunung Geurutee--lintas Banda Aceh-Aceh Jaya--mengingat ruas jalan yang melintasi gunung tersebut tidak mungkin diperlebar lagi.

“Harus dibuka kemungkinan untuk pembukaan trase baru bahkan kemungkinan untuk pembuatan terowongan di Geurutee. Kita di Komisi V DPR RI siap merespons hal itu,” kata Anggota Komisi V tersebut menjawab Serambi di Jakarta, Rabu (28/8).

Nova menjelaskan, ruas jalan yang melintasi Gunung Geurutee merupakan salah satu jalur transportasi darat yang padat dan menjadi urat nadi perekonomian ke kawasan barat-selatan Aceh.

Ruas jalan yang ada saat ini tidak bisa dilebarkan lagi karena akan berdampak kepada kerusakan lingkungan kawasan tersebut. Ruas Geurutee menghubungkan secara langsung Kabupaten Aceh Besar dengan Aceh Jaya.

“Harus dipikirkan alternatifnya, termasuk membangun terowongan,” kata Nova Iriansyah, politisi Partai Demokrat yang juga seorang arsitek.

Nova mempersilakan Pemerintah Aceh, DPRA, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, dan Aceh Jaya memformulasikan kemungkinan peningkatan ruas jalan sepanjang jalur Geurutee.

“Komisi V akan merespon hal ini tentu dengan dukungan perangkat pemerintahan di Aceh,” tukas Nova Iriansyah yang juga Wakil Ketua Tim Pemantau Otsus Aceh-Papua DPR RI.

Sebelumnya dari Aceh Tenggara diusulkan pembangunan terowongan yang melintasi Gunung Bahorok yang menghubungkan Aceh Tenggara dengan Sumatera Utara. Usulan pembangunan terowongan itu dimaksudkan untuk memperlancar arus barang dan jasa dalam rangka mendukung laju perekonomian tenggara Aceh. Komisi V DPR merupakan komisi yang membidangi pembangunan infrastruktur seperti jalan, jembatan, dan pengairan.(fik)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved