Santri MUDI Pamerkan Pesawat

Badan Pembinaan dan Pendidikan Dayah (BPPD) Provinsi Aceh akan memamerkan sejumlah karya santri dan ulama pada

Santri MUDI Pamerkan Pesawat
IBNU Hajar, Santri Mudi Mesra Samalanga dan pesawat ciptaannya 

* Pada Expo Pendidikan Aceh 2013 di Gedung Dayan Dawood

BANDA ACEH - Badan Pembinaan dan Pendidikan Dayah (BPPD) Provinsi Aceh akan memamerkan sejumlah karya santri dan ulama pada Expo Pendidikan Aceh dalam rangka Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) Ke-54 Provinsi Aceh, yang berlangsung di Gedung AAC Dayan Dawood, Unsyiah, Banda Aceh, 2-4 September 2013.

Di antara karya santri yang akan dipamerkan pada even tersebut adalah pesawat terbang dan tricopter (pesawat tanpa awak yang memiliki tiga unit motor dan baling-baling di tiap ujung-ujung kerangka utama). 

“Pesawat dan Trikopter RC (sejenis helicopter), karya Ibnu Hajar, santri Dayah Ma’hadal ‘Ulum Diniyah Islamiyah (MUDI) Mesjid Raya Samalanga ini menjadi salah satu andalan di stand BPPD,” kata Kepala BPPD Aceh, Drs Bustami Usman SH MSi yang didampingi Kabid Pemberdayaan Santri, Drs Muhammad Nasir kepada wartawan di Banda Aceh, Minggu (1/9).

“Kami juga akan memamerkan kalender Masehi dan Hijriah sepanjang abad karya almarhum Abu H Muhammad Ali Dayah Darussa’adah Pusat, Teupin Raya, Pidie,” kata Bustami.

Koordinator stand pameran dayah, Badaruddin SPd MSi menambahkan, badan dayah juga akan menampilkan 10 kitab kuno karya ulama Aceh tempo dulu yang dikoleksi oleh kolektor naskah kuno Aceh, Tarmizi A Hamid.

“Selain itu juga ada karya ulama kontemporer lainnya seperti karya santri-santri dan teungku Aceh terbaru, buku-buku tentang dayah dan ulama. Juga banyak hal tentang Dayah Multimedia Aceh yang berlokasi di Dayah Babussalam Jeunieb, Bireuen di bawah pimpinan Tgk H Muhammad Yusuf A Wahab (Tusop).

Selain itu, juga akan turut menampilan berbagai karya santri Dayah Terpadu Ruhul Islam Anak Bangsa (RIAB), Darul Imarah Aceh Besar,” kata Badaruddin.(nal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved