PKA VI

99 Pulau Eksotik Andalan Aceh Singkil

Selama berlangsungnya Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) 6 di Banda Aceh, delegasi Aceh Singkil memanfaatkan momentum budaya

BANDA ACEH - Selama berlangsungnya Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) 6 di Banda Aceh, delegasi Aceh Singkil memanfaatkan momentum budaya ini untuk mempromosikan potensi wisata marina di kabupaten itu, yakni gugus Kepulauan Banyak yang memiliki 99 pulau dengan taman lautnya yang eksotik.

Informasi detail disertai foto pulau-pulau yang menawan itu sejak hari pertama PKA (20/9) dipajang di Stan Pameran Aceh Singkil yang terdapat di areal parkir Stadion Dimoerthala, Lampinueng, Banda Aceh.

“Kami memang sedang mempromosikan keindahan taman laut pulau-pulau yang terdapat di Kecamatan Pulau Banyak dan Kecamatan Pulau Banyak Barat supaya go international,” kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Budparpora) Aceh Singkil, Drs Iran Fajri kepada Serambi di Banda Aceh, Rabu (25/9) kemarin.

Menurutnya, bila selama ini Pemerintah Aceh fokus mempromosikan keindahan taman laut Sabang, sehingga Pulau Weh itu makin dikenal oleh turis mancanegara, sudah saatnya Pemerintah Aceh melalui Disbudpar membantu mempromosikan taman laut Pulau Banyak di Kabupaten Aceh Singkil. “Kami jamin, keindahan taman laut Pulau Banyak tidak kalah dibanding Sabang, bahkan dengan Bunaken di Sulawesi,” ujar Iran Fajri.

Saat ini, popularitas taman laut Pulau Banyak sudah menyebar ke beberapa negara, sehingga dalam sebulan sedikitnya 50 turis asing berlibur ke Pulau Banyak yang sudah menyediakan sejumlah cottage.

“Turis terbanyak yang datang ke Pulau Banyak berasal dari Australia dan Prancis. Mudah-mudahan sehabis PKA ini semakin ramai turis yang datang ke Pulau Banyak,” kata Kepala Seksi Publikasi dan Dokumentasi PKA 6 Aceh Singkil, Drs Roswin Hakim. (dik)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved