PKA VI

Galus Juara I Tari Saman

Kabupaten Gayo Lues (Galus) berhasil memperoleh juara I pada bidang kesenian, dengan penampilan Tari Saman-nya. Prestasi lainnya yang didapat adalah

* Ranup Lampuan untuk Lhokseumawe
* Anjungan ke Aceh Utara

BLANGKEJEREN - Kabupaten Gayo Lues (Galus) berhasil memperoleh juara I pada bidang kesenian, dengan penampilan Tari Saman-nya. Prestasi lainnya yang didapat adalah juara II dari penampilan adat perkawinan.

Penampilan tari saman dan adat perkawinan ini memang menjadi andalan utama Kabupaten Gayo Lues, bahkan diperkirakan mampu menyabet gelar juara.

“Sejauh ini Galus baru memperoleh dua juara, yaitu juara I dibidang penampilan  tarian saman dan juara harapan II untuk adat perkawinan. Hadiah dan piala sudah diterima oleh kontingen Galus,” kata Wakil Ketua PKA Kontingen Galus, Syaruddin SSos, kepada Serambi, Sabtu (28/9).

Dia menceritakan, penampilan tarian saman di arena PKA VI, tepatnya di belakang panggung utama PKA di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh, menyedot banyak perhatian pengunjung. “Suasana ramai oleh sorak sorai dan tepuk tangan pengunjung mengiringi penampilan tari saman,” ujar Syaruddin.

Sementara untuk penampilan tari Ranup Lampuan yang berlangsung di Gedung Sosial, Banda Aceh, Jumat (27/9) malam, juara I berhasil diraih kontingen dari Kota Lhokseumawe, yang dimainkan oleh penari Sanggar Pocut Meurah Insen binaan Ny Cut Ernita Suaidi Yahya.

“Syukur akhirnya kita bisa mendapatkan juara satu di cabang ini,” jelas Wakil Kontingen Kota Lhokseumawe, Ishaq Rizal, Sabtu (28/9).

Dia menjelaskan, tarian tersebut dimainkan 19 orang. Sembilan orang penari putra dan putri, dua orang pengawal yang memegang pedang, dua orang yang memang payung, serta enam orang pemusik. “Dalam tarian tersebut dikisahkan bagaimana cara memuliakan, penyambutan dan pengamankan terhadap tamu yang datang,” jelasnya.

Sedangkan untuk Anjungan Rumoh Aceh, juara I disabet oleh Kabupaten Aceh Utara. Peraihan itu kian menambah panjang deret juara I yang diperoleh kabupaten tersebut. Sedangkan untuk juara II diraih Aceh Selatan, dan juara III untuk Kabupaten Bireuen.(c40/bah/ib/ni)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved