Kereta Api Aceh Diujicoba

Kereta Api Aceh, Minggu (1/12) diujicoba dengan jalur Krueng Geukueh-Krueng Mane. Ujicoba itu dimulai pada pukul 09.30 WIB

Kereta Api Aceh Diujicoba
Petugas dari PT Kereta Api memeriksa kondisi kereta api sesaat hendak bergerak dari Krueng Geukuh menuju Bungkah, Aceh Utara, Minggu (1/12) sore.SERAMBI/SAIFUL BAHRI 

LHOKSUKON - Kereta Api Aceh, Minggu (1/12) diujicoba dengan jalur Krueng Geukueh-Krueng Mane. Ujicoba itu dimulai pada pukul 09.30 WIB. Humas PT Kereta Api, Zakaria, menjelaskan, ujicoba tersebut bukan berarti sebagai peresmian pengoperasian kereta api di Aceh. Menurutnya, uji coba perlu dilakukan untuk menstabilkan rel dan gerbong kereta api.

“Ujicoba ini akan terus dilakukan tiap hari. Sehari dua kali, pagi dan sore. Kereta api yang digunakan jenis commuter dengan dua  gerbong dengan kapasitas penumpang 440 orang. Jarak tempuh sekarang dari Krueng Mane ke Krueng Geukuh 11,3 kiloemter,” jelas Zakaria kepada Serambi, kemarin.

Bagi masyarakat yang ingin naik kereta api tersebut, lanjutnya, bisa mendapatkan tiket secara gratis di loket yakni di Krueng Mane, Bungkah, dan Krueng Geukueh. “Tiketnya kita bagikan bagi masyarakat yang ingin naik kereta api. Tujuannya, untuk mengetahui sejauh mana animo masyarakat untuk naik kereta api,” ungkapnya.

Ditanya sampai kapan uji coba berlangsung, menurut Zakaria, sesuai kontrak PT Kereta Api dengan Dirjen Kereta Api, ujicoba itu akan berlangsung sebulan. “Soal kapan mulai dikenakan biaya kepada penumpang dan berapa harga tiket, itu tergantung dalam kontrak selanjutnya. Karena sampai sekarang kontraknya belum diteken,” ujar Zakaria.

Menyangkut rute kereta api di Aceh, ia mengatakan, setahu pihaknya  sesuai rencana Kementerian Perhubungan, tahap awal jalur kereta api itu dari Bireuen sampai Lhokseumawe. “Tahun depan pembangunan rel akan dilanjutkan. Untuk kelancaran pembangunan proyek tersebut, kita harapkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat,” harap Zakaria.(bah)

Tags
Kereta Api
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved