Serambi Kuliner

Jamuan Pejabat dan Tamu Luar Daerah

PEMERINTAH Kabupaten Abdya sering menjamu pejabat dan tamu luar daerah yang berkunjung ke daerah itu, dengan mi kocok

PEMERINTAH Kabupaten Abdya sering menjamu pejabat dan tamu luar daerah yang berkunjung ke daerah itu, dengan mi kocok. Sebut saja rombongan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB), Azwar Abubakar, didamping Gubernur Aceh, Zaini Abdullah, ketika mendarat di Bandara Kuala Batu, beberapa waktu lalu. Seusai dari bandara, tetamu dijamu mi kocok khas Abdya.

Rombongan Men PAN-RB terdiri mantan menteri dan anggota DPR-RI, tampak menikmati mi kocok kemasan atau bungkusan daun pisang itu. Menu khas tersebut juga dihidangkan ketika Bupati/Wakil Bupati Abdya, Jufri Hasanuddin/Yusrizal Razali, menyambut puluhan anggota Tim Jelajah Sepeda Sabang-Padang, dalam rangka HUT KOMPAS, belum lama ini.

Terakhir, mi kocok menjadi hidangan ketika menyambut rombongan Gubenur Aceh, Zaini Abdullah, sebelum membuka acara Rakerda Dekranasda, Pameran Kerajinan dan Makanan Unggulan se-Aceh 2013, di lapangan Pulau Kayu, Abdya, Jumat (25/10) lalu.

“Mie kocok sering kami jadikan hidangan jamuan pejabat dan tamu penting lainnya,” ungkap Misriadi SE, Kabag Umum Setdakab Abdya kepada Serambi.

Mi kocok bisa dipesan di sejumlah warung dalam Kota Blangpidie. Tapi,sering dipesan di Warung Kepala Jembatan Krueng Bekah, Seunaloh, Blangpidie. Biasanya, orderan yang diterima dalam jumlah besar, antara puluhan sampai ratusan bungkus.

“Mi kocok ini sering dijadikan makanan jamuan para tamu pemerintah, sekaligus memperkenalkan makanan khas. Juga dapat disebutkan salah satu makanan unggulan Abdya,” ujar Misriadi.(*)

RESEP
Mi Putih Abdya
- Tepung beras diaduk dengan air dan diberikan sedikit tepung kanji.
- Kemudian dikukus mengunakan adonan kue lapis.
- Satu menit kemudian diangkat untuk ditiriskan selama setengah jam di atas kayu bulat atau bambu yang digantung secara melintang di bawah plafon dalam ruangan.
-  Setelah kering, mi putih masih dalam kondisi seperti martabak tipis, diberi taburan tepung kanji (agar tak lengket ketika lipat).
- Kemudian dilipat menyerupai martabak telur.
- Diiris halus-halus menggunakan pisau khusus, sampai terbentuk mi putih yang siap dimasak.

Mi Kuning
- Mi kuning diracik dari tepung terigu yang diaduk dengan mesin.
- Lalu dipres menggunakan kayu bulat sehingga berbentuk bahan setengah jadi dalam tipis-tipis, lebar sekitar empat centimeter.
- Masukkan ke dalam mesin Ampiya.
- Mi kuning yang keluar dari mesin Ampiya dalam bentuk bulatan kecil panjang-panjang, diberi campuran minyak goreng (agar tak lengket).
- Mi kuning siap dimasak.

Bahan Bumbu Mi Kocok
Daging ayam rebus yang dicincang halus
Bawang digoreng
Daun sop diiris tipis
Tahu
Cabe rawit digiling
Kecap dan saos
Jeruk nipis
Toge
Bawang
Acar bawang merah dan timun
Sedangkan kuahnya sop ayam

Cara Membuat
- Mi putih atau kuning dimasukkan ke dalam gayung yang diberi banyak lubang.
- Dimasak dengan cara dikocok beberapa detik dalam air mendidih.
- Setelah dituangkan ke dalam piring, diberikan kuah sop ayam serta bumbu.
- Mi kocok siap dihidangkan.

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved