Seniman Aceh Siapkan Seureune Kalee Raksasa

Seniman Banda Aceh, Dedi Kalee, berhasil merampungkan pembuatan alat musik khas Aceh, Seureune Kalee, yang diklaim

Seniman Aceh Siapkan Seureune Kalee Raksasa
Dedi Kalee dan alat musik Seureune Kalee ciptaannya. SERAMBI/FIKAR W.EDA

* Diklaim Terbesar di Dunia

BANDA ACEH - Seniman Banda Aceh, Dedi Kalee, berhasil merampungkan pembuatan alat musik khas Aceh, Seureune Kalee, yang diklaim terbesar di dunia. Seureune Kalee rakitan tangan Dedi itu panjangnya 2,70 meter dengan diameter 49 cm.

Dedi yang ditemui Serambi, Senin (31/3) kemarin mengatakan, ia membutuhkan waktu tiga bulan untuk menyelesaikan ciptaannya tersebut. Rencananya, alat musik itu akan dimainkan saat mengenang 10 tahun peristiwa Gempa dan Tsunami Aceh, di Banda Aceh.

Alat musik ciptaan Dedi terbuat dari kayu mahoni, memiliki delapan lubang nada berdiameter 3 cm. “Alat musik ini akan saya beri hiasan ornamen Aceh,” kata Dedi seraya memperlihatkan alat musik ciptaannya tersebut di “Sanggar Lukis 55” Lueng Bata, Banda Aceh.

Alat musik tersebut dibunyikan menggunakan kompresor. “Kalau ditiup manual, pasti sulit,” kata Dedi.

Ia mengaku sudah lama terobsesi membuat Seureune Kalee terbesar, dan akhirnya bisa dirampungkan baru-baru ini. “Ini cita-cita lama saya,” tambah Dedi yang mahir memainkan Seureune Kalee dan pernah terlibat dalam sejumlah pertunjukan musik, seperti Java Jazz.

Dedi mendirikan Sanggar Lukis 55 yang diresmikan Ketua DPRA Hasbi Abdullah 15 Februari silam. Dedi sebelumnya telah menciptakan lebih 100 Serune Kalee yang dikoleksi sejumlah kolektor dalam negeri dan asing.(fik)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved