Serambi Kuliner

Kulit Udang: Bumbu Penyedap nan Nikmat

BAGI kebanyakan orang, kulit udang hanyalah sampah yang tidak memiliki manfaat menguntungkan

Kulit Udang: Bumbu Penyedap nan Nikmat

BAGI kebanyakan orang, kulit udang hanyalah sampah yang tidak memiliki manfaat menguntungkan. Namun, tahukah Anda sebenarnya kulit udang dapat diolah menjadi menu makanan nan sedap.

Rahadian, Executive Chef, Grand Artos Aerowisata Hotel Magelang, berinovasi memanfaatkan kulit udang menjadi bumbu masakan sedap. Caranya juga sederhana, sama sekali tidak menambah bumbu penyedap lainnya.

Sebelum digunakan untuk bumbu, koki yang sudah 20 tahun bekerja di dunia memasak ini membersihkan kulit udang terlebih dahulu, lalu keringkan dengan cara dipanaskan dalam oven bersuhu 100 derajat selama dua jam.

“Sebetulnya bisa dikeringkan dengan dijemur di bawah terik matahari. Namun, cara itu bakal lebih lama dan kurang higienis,” kata Rahadian, beberapa waktu lalu.

Setelah kering, kulit udang digiling sampai benar-benar halus dan siap digunakan. Biasanya, Rahadian menggunakan bumbu kulit udang untuk membuat masakan aneka kuah seafood. Salah satunya adalah Sambal Kuah Ikan, menu spesial yang ditawarkan di restoran hotel tempat Rahadian bekerja. Koki asal Subang, Jawa Barat, itu pun tak segan membeberkan resep rahasia dari menu andalannya tersebut.

“Bahan-bahannya bisa pakai cumi, kerang, ikan kakap, dan udang. Sedangkan bumbunya, bawang putih, daun sere, jeruk nipis, daun ketumbar, daun jeruk, lengkuas, jahe, cabai giling,” urai Rahadian.

Semua bumbu dan bahan dimasak, tentu tidak lupa mencampurkan kulit udang kering yang sudah dihaluskan. Maka jadilah menu Sambah Kuah Ikan yang dibanderol Rp 100 ribu per porsi. Menu tersebut lebih nikmat disantap dengan nasi putih hangat, ditambah kerupuk mulieng (emping). Kandungan dalam kulit udang mencakup nutrisi serta mineral tinggi yang bagus untuk tubuh.

Selain itu, juga menambah taste unik dan aroma yang kuat pada masakan, apalagi ditambah rempah-rempah. “Jadi, pasti sehat dan enak tanpa harus menambah bumbu penyedap (vetsin). Pilih udang jenis galah karena memberi warna merah cerah alami,” ucapnya.

Usai menikmati Sambal Kuah Ikan, nikmatilah segelas minuman unikbernama Ginger Punch. Minuman ini terbuat dari jahe, yang dicampur dengan jus buah nanas, mangga, dan serutan es batu. Ada sensasi unik ketika menyeruput minuman dengan harga Rp 25 ribu tersebut.  Manis dan asam segar dari buah, serta pedas dan hangat dari jahe.(kcm/aza)

RESEP PENYEDAP MASAKAN

BAHAN
- Kulit Udang

ALAT
- Oven

CARA MEMBUAT
- Bersihkan kulit udang
- Keringkan dengan cara dipanaskan dalam oven bersuhu 100 derajat selama dua jam.
- Giling kulit udang sampai halus.
- Bumbu kulit udang siap digunakan.


MASAKAN SAMBAL KUAH IKAN
(Menggunakan bumbu kulit udang)

BAHAN
- Cumi-cumi
- Kerang
- Ikan kakap
- Kulit udang

BUMBU
- Bawang putih
- Daun sere
- Jeruk nipis
- Daun ketumbar
- Daun jeruk
- lengkuas
- Jahe
- Cabai giling

CARA MEMBUAT
- Masak semua bumbu.
- Tambahkan air secukupnya.
- Masukkan bumbu kulit udang yang telah dihaluskan.
- Tunggu hingga masak.
- Sambal kuah ikan siap dinikmati.

Tips: Untuk mengganti MSG atau vetsin yang biasa digunakan tiap memasak, lebih baik dibuat serbuk penyedap dari cangkang dan kepala udang, sehingga tidak memiliki kandungan kimia berbahaya.

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved