Serambi Kuliner

Wow! Chef Ini Meracik Saus Paha Ayam Super Pedas!

SETELAH sebelumnya membuat tantangan kari terpedas di dunia atau ‘The Widower’, kini Muhammad Karim

SETELAH sebelumnya membuat tantangan kari terpedas di dunia atau ‘The Widower’, kini Muhammad Karim dari restoran Bindi di Lincolnshire, Inggris kembali dengan menu baru bernama ‘Atomic Kick Ass Drumstick’.

Kreasi barunya tersebut memiliki tingkat kepedasan 12 juta SHU (Scoville heat units) atau tiga kali lebih kuat dari pepper spray polisi.

Tiap paha ayam atau drumstick dalam menu ini diberi saus BBQ mangga dan asam kemudian dicampur 15 buah cabai pedas dari empat jenis yang ada. Kemudian ayam diberi saus ekstrak cabai dengan tingkat kepedasan 13 juta Scoville.

Menurut direktur sekaligus Executive Chef Bindi itu, saat memasak dia harus menggunakan masker oksigen, kacamata, dan sarung tangan. Tanpa perlindungan tersebut dia tidak dapat beraktivitas sepanjang hari setelah memasak.

Untuk penyimpanan komponen saus sendiri, terdapat lemari metal khusus dengan tanda peringatan berbahaya yang terpisah dari bahan lainnya.

Seperti sebelumnya, Karim juga memberi tantangan pada pelanggan untuk makan 10 paha ayam dalam waktu di bawah 15 menit. Bila berhasil, pemenang mendapat hadiah tunai ?100 (Rp 2 juta).

Namun, sebelum dimulai, Karim meminta peserta menandatangani pernyataan yang memperingatkan konsekuensi menyantap makanan ini seperti kelumpuhan wajah, tubuh bergetar, dan bahkan pendarahan internal.

Peserta juga harus memakai sepasang sarung tangan saat memakan sajian yang dimasak menggunakan cabai terpedas di dunia seperti Moruaga Scorpion dan Carolina Reaper ini. Saat peserta memakannya, akan terjadi peningkatan besar adrenalin dalam tubuh. Wajah bisa lumpuh selama 30 menit!

Peserta terakhir yang mencobanya sampai mengeluarkan keringat di seluruh tubuh. Dia juga berusaha menampar-nampar wajahnya sendiri, tetapi tak bisa merasakan apa-apa.

Staf di Bindi sudah terlatih dalam pertolongan pertama sehingga pelanggan dapat ditangani sebelum paramedis tiba. Sejauh ini ada 20 orang mencoba tantangannya dan maksimal hanya mampu menyantap dua potong paha ayam.

Ternyata, rencana Karim tak berhenti di sini. Dia ingin membuat makanan lebih pedas nantinya.

“Saya ingin memperbaiki hidangan ini dan membuatnya lebih pedas. Ibu saya di Bangladesh saat ini menanam cabai hibrida yang disebut Hulk yang akan menjadi kumpulan cabai terpedas dan mengandung 3 juta Scoville sendiri,” tutur Karim.(dtc)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved