Breaking News:

Aceh Tuan Rumah IMT-GT 2014

Aceh resmi ditunjuk sebagai tuan rumah pertemuan ke- 11 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) tahun ini

Editor: hasyim

BANDA ACEH - Aceh resmi ditunjuk sebagai tuan rumah pertemuan ke-11 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) tahun ini, yang dijadwalkan berlangsung pada 11-13 September mendatang.

Kepala Badan Investasi dan Promosi (Bainprom) Aceh, Iskandar, mengatakan, penunjukan Aceh sebagai tuan rumah ini didasari atas keinginan negara anggota IMT-GT untuk melihat kemajuan pembangunan Aceh pascakonflik dan bencana tsunami.

“Pada pertemuan IMT-GT sebelumnya, utusan Kementerian Ekonomi dari Indonesia mengajukan tempat pertemuan IMT-GT di Aceh. Tawaran itu disetujui Kementerian Ekonomi dari Malaysia dan Thailand,” katanya kepada Serambi, Jumat (4/7).

Menurut Iskandar, nama Aceh sengaja diajukan dengan harapan ada beberapa kerja sama yang bisa direalisasikan di daerah ini. Misalnya dalam bidang perikanan, pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan, perdagangan, pertambangan dan lain sebagaianya.

“Aceh sekarang juga sudah memiliki banyak kawasan industri, tapi belum satu pun pabrik yang berdiri. Kita akan tawarkan kawasan ini kepada peserta pertemuan IMG-GT tersebut,” ujarnya.

Bentuk panitia
Menyusul ditetapkannya Aceh sebagai tuan rumah IMT-GT, maka segala persiapan juga mulai dilakukan. Kemarin, dilaksanakan rapat koordinasi persiapan logistik pertemuan IMT-GT yang berlangsung di GedungSerbaguna Kantor Gubernur Aceh.

Rapat tersebut dipimpin Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Regional dan Sub Regional Kementerian Koordinator Bidang Prekonomian, Huda Bahweres, yang juga menjabat sebagai Ketua Sekretaris Nasional IMT-GT Indonesia.

Menurut keterangan Huda Bahweres, Gubernur Aceh pada 14 April lalu telah mengeluarkan SK Pembentukan Panitia Pelaksana Pertemuan IMT-

GT. Dalam SK itu, Gubernur Zaini Abdullah ditempatkan sebagai Ketua Panitia Pengarah dengan anggotanya seluruh anggota Muspida Aceh.

Sedangkan Ketua Panitia Pelaksanan ditunjuk Kepala Bainprom Aceh, Iskandar, dibantu sejumlah kepala SKPA, antara lain Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Safwan, Kepala Dinas Keluatan dan Perikanan Aceh, Dr Raihanah, Kepala Dinashubkomintel Aceh, Ir Rizal Aswandi, dan Kepala Biro Umum.(her)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved