Pakai 'Floating Bag', Tim Gabungan Coba Angkat Lagi Ekor AirAsia

Pengangkatan akan menggunakan floating bag, balon ukuran besar yang bisa dikembangkan di dalam air dan mengangkat beban hingga 5 ton.

Pakai 'Floating Bag', Tim Gabungan Coba Angkat Lagi Ekor AirAsia
Net
Ilustrasi Floating Bag ketika sudah mengembang 

SERAMBINEWS.COM, PANGKALAN BUN - Tim penyelam TNI Angkatan Laut kembali mencoba mengangkat ekor pesawat AirAsia QZ8510 di Selat Karimata, dekat Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Jumat (9/1/2014) pagi. Proses pengangkatan ekor pesawat ini akan dibagi menjadi tiga tahapan.

Pada Kamis (8/1/2015) malam, seluruh tim penyelam sudah berkumpul untuk membahas strategi pengangkatan ekor ini. Pengangkatan akan menggunakan floating bag, balon ukuran besar yang bisa dikembangkan di dalam air dan mengangkat beban hingga 5 ton.

Tim pertama yang melakukan tahapan pertama akan memasang tali untuk mengikat ekor pesawat. Tali akan dimasukkan melalui dua pintu masuk penumpang yang ada di bagian ekor pesawat itu. Dengan demikian, ikatan tali diharapkan tidak akan lepas dari ekor pesawat. Tim selanjutnya, akan membawa floating bag ke dalam air.

Floating bag ini akan disambungkan dengan tali yang sudah dipasang oleh tim pertama. Saat dibawa ke dalam air, kondisi floating bag masih dalam keadaan datar dan terlipat.

Setelah itu, proses dilanjutkan tim ketiga yang melakukan penggelembungan terhadap floating bag. Floating bag yang tadinya masih berbentuk datar akan mengembang seperti balon yang bisa mengangkat beban pesawat.

Untuk melakukan tiga langkah ini, tim penyelam dibagi menjadi tiga tim karena waktu penyelaman di bawah air yang terbatas. Masih ada juga tim keempat sebagai cadangan, jika nantinya ada tim yang gagal melakukan tugasnya.

Panglima TNI Jendral (TNI) Moeldoko saat ini berada di KRI Banda Aceh untuk memantau langsung proses pengangkatan. Dia berharap, siang ini ekor pesawat sudah berhasil diangkat ke permukaan air.

Tags
Air Asia
Editor: Jalimin
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved