Serambi Kids

Mei Berprestasi Membatik

Mei panggilannya. Namanya Mevegawati. Ia sekarang duduk di kelas VI SDN 01 Kota Sigli, Kabupaten Pidie

Mei panggilannya. Namanya Mevegawati. Ia sekarang duduk di kelas VI SDN 01 Kota Sigli, Kabupaten Pidie. Sulung dua bersaudara berorangtuakan Sri Resmalawati dan Sulaiman ini, lahirnya Ponorogo, 30 Mei 2003.

Mei, sempat membanggakan Kabupaten Pidie loh. Ia Juara I Membatik Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) se-Kabupaten Pidie tahun 2014. Semoga Mei tidak membatik hanya bila ada lomba saja ya. Sebab membatik itu adalah salah satu cara melestarikan budaya kita bukan?

Mei belajar membatik dimana ya? “Belajar dari ibu saya, yang sebelumnya ilmu membatiknya diwarisi dari nenek. Nenek saya berasal dari Ponorogo, Jawa,” jelas Mei.

Mei, sudah mulai belajar membatik sejak kelas II SD. Mulanya, ia melihat ibu membatik di selembar kain di Ponorogo sewaktu pulang berlibur. Lalu sepulang ke Aceh, ilmu membatik itupun diteruskan, Nah diam-diam Mei ingin mencoba membatik juga.

Begitulah terus menerus sampai ia duduk di kelas VI. Tahun 2014, itulah kali pertama Mei mengikuti perlombaan membatik. Ia pun juara pertama.

Kala itu, Batik yang digambar Mei bermotif bunga, lingkaran, garis-garis, dan aneka gambar lainnya.

Kira-kira apa saja yang harus kita miliki untuk pandai membatik? “Untuk belajar membatik, harus memiliki kesabaran, karena harus hati-hati dan rapi,” sebut Mei kepada Serambi Kids, Rabu pekan lalu.

Meskipun begitu, Mei yang suka main game ini bercita-cita ingin jadi polisi wanita (polwan).

“Saya selalu main Volly agar badan saya cepat tinggi. Sebab Polwan harus tinggi. Nanti kalau sudah jadi polwan, saya ingin memiliki usaha batik, sehingga saya menjadi pembatik yang sukses” katanya.

Di kelas, Mei termasuk anak yang berprestasi. Ia meraih ranking pertama waktu kelas I, sedangkan kelas II sampai kelas VI di posisi tiga besar.

Pelajaran paling Mei sukai adalah sains, sebab pelajaran ini banyak praktik. Mei suka sekali dengan pelajaran yang ada praktiknya. (nur nihayati)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved