Putra Rusli Bintang Raih Gelar Doktor

Muhammad Kadafi SH MH, putra pendiri Universitas Abul Yatama (Unaya) Aceh, DR HC Rusli Bintang, meraih gelar doktor (DR)

Putra Rusli Bintang Raih Gelar Doktor
Dekan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah Prof DR Yos Johan Utama menyerahkan dokumen kelulusan dan ucapan selamat DR Muhammad Kadafi SH MH usai dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan. 

SEMARANG - Muhammad Kadafi SH MH, putra pendiri Universitas Abul Yatama (Unaya) Aceh, DR HC Rusli Bintang, meraih gelar doktor (DR) Ilmu Hukum pada Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah. Kadafi berhasil mempertahankan disertasinya pada ujian promosi doktor di Kampus Undip, Jumat (27/2).

Penelitiannya berjudul “Rekonstruksi Kebijakan Pertanahan Berbasis Pluralisme Hukum” mengupas persoalan hak kepemilikan tanah di Aceh Besar pascatsunami 2004. Pendekatan pluralisme hukum (legal pluralism) ditawarkan Kadafi dalam penyelesaian sengketa masalah tanah di Aceh Besar setelah musibah tsunami.

Dalam pemaparan di hadapan para penguji, Kadafi menyatakan bahwa penyelesaian sengketa tanah melalui hukum formal seperti dalam penelitiannya banyak tidak tuntas, untuk itu Kadafi merumuskan model dengan pendekatan adat dan nilai hukum yang berlaku di masyarakat Aceh Besar. “Di Aceh Besar ada janda korban tsunami yang kehilangan kepemilikan tanah yang seharusnya hak dia. Dan persoalan ini banyak terjadi,” katanya

Sidang ini melibatkan enam profesor penguji, dipimpin oleh Prof Dr Yos Johan Utama SH MHum, Dekan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Dalam sidang yang berlangsung 2,5 jam tersebut, Prof Yos Johan sempat menyebut Kadafi sebagai doktor ahli tanah khusus bencana. “Jika saya bidang hukum pertanahan, maka saudara ini doktor khusus tanah bencana,” ujarnya mencandai Kadafi.

Muhammad Kadafi adalah putra kelahiran Aceh Besar, 8 Oktober 1983. Selain bergelut di bidang pendidikan, ia juga sebagai staf ahli bidang pendidikan Wali Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Di Provinsi ini, Rusli Bintang

(ayah Muhammad Kadafi) mendirikan perguruan tinggi yang diberinama Universitas Malahayati. Rusli Bintang juga pendiri Institut Kesehatan Indonesia Jakarta dan Universitas Batam.

Rusli Bintang yang hadir pada sidang promosi doktor kemarin mengaku bahagia anaknya dapat meraih gelar doktor dari universitas yang banyak melahirkan tokoh ahli hukum di Indonesia.”Tentu saya bahagia Muhammad Khadafi meraih gelar doktor. Semoga bermanfaat bagi masyarakat dan dunia pendidikan yangtelah menjadi dunianya saat ini,” kata Rusli Bintang.

Ia juga mengatakan, Muhammad Kadafi termasuk beruntung dapat menyelesaikan pendidikan doktornya dengan aktivitas cukup pada mengelola beberapa lembaga pendidikan di Bandar Lampung.

Sidang promosi doktor kemarin juga dihadiri oleh Rektor Universitas  Abulyatama Aceh (Unaya) Ir.R.Agung Efriyo Hadi, M.Sc., Ph.d. Dekan Fakultas Hukum Unaya, Wiratmadinata, SH, MH. Keluarga Muhammad Kadafi juga terlihat hadir, di antaranya Disa Bahazzad (istri) dan Ratu Kaila Al Hasya (anak).(ari)

Kunjungi juga :
www.serambinewstv.com | www.menatapaceh.com |
www.serambifm.com | www.prohaba.co |

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved