Breaking News:

Berapa Biaya Pengobatan Olga di Singapura?

Kelas termahal yang ditawarkan adalah Royal Suite. Harga yang ditawarkan mencapai 9.298 dollar Singapura atau setara Rp 88,3 juta per hari..

Editor: Jalimin
KOMPAS.COM/IRFAN MAULLANA
Olga Syahputra 

SERAMBINEWS.COM - Artis dan komedian Olga Syahputra meninggal dunia pada Jumat (27/3/2015) petang dan dimakamkan pada Sabtu (28/3/2015) ini. Salah satu yang menjadi pertanyaan adalah berapa biaya pengobatan Olga selama perawatan di Singapura?

Pertanyaan itu banyak bermunculan seiring dengan naiknya kesadaran masyarakat kelas menengah tentang risiko finansial yang dihadapi ketika seseorang menghadapi kondisi kritis.

Selama ini, kabar tentang Olga dirawat di Singapura tidak terlalu banyak diketahui, termasuk mulai tanggal berapa komedian itu dirawat di RS Mount Elizabeth, Singapura. Namun jika ditelusuri dari berbagai sumber, Olga mulai dirawat di Singapura pada awal Mei 2014.

Apabila ditotal dari tanggal 1 Mei 2014 hingga Olga Syahputra meninggal pada 27 Maret 2015, jumlah hari yang telah dihabiskan Olga selama di RS Mount Elizabeth Singapura mencapai 329 hari. Adapun nilai tukar rupiah terhadap dollar Singapura pada hari-hari ini berada di level 9.500.

Mengutip situs rumah sakit tersebut, www.mountelizabeth.com.sg , ada berbagai tipe kamar yang ditawarkan bagi pasien yang dirawat di sana. Tipe paling murah adalah four-bedded atau sekamar diisi empat pasien. Untuk kelas ini, harga per hari 276 dollar Singapura atau sekitar Rp 2,6 juta per pasien.

Di atas itu, ada juga satu kamar diisi dua pasien atau two-bedded seharga 340 dollar Singapura atau Rp 3,2 juta per hari per pasien. Sementara itu, jika pasien ingin dirawat sendirian, rumah sakit menyediakan kamar tipesingle seharga 640 dollar Singapura sehari atau sekitar Rp 6 juta.

Kelas termahal yang ditawarkan adalah Royal Suite. Harga yang ditawarkan mencapai 9.298 dollar Singapura atau setara Rp 88,3 juta per hari per pasien.

RS Mount Elizabeth juga memublikasikan biaya jika seorang pasien harus dirawat diintensive care unit (ICU). Untuk kamar ini, harga yang dipasang sebesar 799 dollar Singapura per hari per pasien atau sekitar Rp 7,5 juta. Apabila pasien harus dirawat dihigh dependency unit (HDU), besaran biaya yang harus dibayar untuk menginap sehari sebesar 683 dollar Singapura atau sekitar Rp 6,5 juta.

Dengan memperhitungkan estimasi waktu perawatan dan harga kamar, jika Olga dirawat di kelas termurah, yakni four bedded , maka biaya yang dikeluarkan mencapai Rp 855,4 juta. Sementara itu, apabila komedian itu dirawat di kelas termurah nomor dua atau two-bedded , maka harga yang harus dibayar mencapai Rp 1,05 miliar.

Adapun jika Olga dirawat di kelas single , maka biaya pengobatan Olga selama perawatan di Singapura selama hampir setahun ini adalah Rp 1,9 miliar.

Biaya di atas tentu saja hanya untuk menginap dan belum memperhitungkan biaya obat-obatan dan penanganan dokter. Bisa saja, biaya pengobatan Olga selama perawatan di Singapura selama 329 hari melampaui Rp 2 miliar.

Belajar dari Olga, bagaimanapun, kesehatan adalah segala-galanya. Karena itu, penting bagi masyarakat untuk memiliki asuransi kesehatan, baik yang disediakan oleh BPJS maupun perusahaan asuransi swasta. Tanpa itu, risiko finansial akan selalu mengintai, dan yang jadi "korban" tak hanya si sakit, tetapi juga keluarga. (Bambang Priyo Jatmiko/Kompas.com)

Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved