Serambi Kids

Mereka Juara Dokter Kecil di Jakarta

Sahabat Serambi Kids, apa kabar di hari Minggu ini? Semoga sehat dan ceria selalu ya

Sahabat Serambi Kids, apa kabar di hari Minggu ini? Semoga sehat dan ceria selalu ya. Kali ini kita akan berkenalan dengan empat orang teman yang selalu ceria karena rajin makan sayur. Teman kita ini merupakan Juara II Dokter Kecil Mahir gizi 2015, yang diadakan di Jakarta, 18-22 Maret 2015 lalu.

Mereka saat ini duduk di kelas V dan VI serta bersekolah di SDN 50 Lamlagang, Banda Aceh. Yaitu Ahmad Haris (kelas VI), Nailul Authar Fahlevi (kelas V), Sharfina Jasmine Milyardin (kelas V), dan Afra Munira (kelas VI).

Meskipun masih duduk di bangku Sekolah Dasar, tapi dokter cilik ini senang sekali makan sayur. Bahkan, ketika mengikuti lomba Dokter Kecil Mahir Gizi mereka membuat project “Kebun Vitamin dan Mineral”.

Apa itu “Kebun Vitamin dan Mineral”? Menurut Afra, Kebun Vitamin dan Mineral adalah project menanam sayuran, hingga mengonsumsi sayuran itu bersama-sama teman di sekolahnya. Karena sayuran mengandung vitamin dan mineral, makanya mereka juga mengajak teman lain untuk hidup sehat. “Kami ngajak teman-teman bawa bibit, terus ditanam di taman kecil sekolah. Hasilnya kita panen dan bikin lomba Ala chef,” katanya dengan semangat.

Hal serupa juga dikatakan oleh Fina, Kebun Vitamin dan Mineral ini juga memenuhi kriteria lomba yang ditentukan dalam 10 tanda umum anak bergizi baik. “Kalau senang makan sayur pasti sehat. Makanya kita ajakin banyak anak untuk mau makan sayur,” tuturnya.

Meskipun keempatnya sekarang gemar makan sayur, ternyata dulu Nailul sempat tidak suka makan sayur. “Dulu waktu TK, saya gak suka makan sayur. Tapi sekarang suka sekali apalagi Brokoli,” jelasnya. Dalam perlombaan tersebut, mereka harus bersaing dengan 9 sekolah dari 10 provinsi di Indonesia. Seleksi awal sudah dimulai sejak di Banda Aceh, dimana Dokter Kecil asal SDN 50 ini keluar sebagai Juara I Regional Dokter Kecil Mahir Gizi 2014. Barulah kemudian mereka berangkat ke Jakarta untuk ikut di tingkat nasional.

Banyak persiapan yang mereka lakukan seperti belajar presentasi, memantapkan materi sambil terus menjalankan project Kebun Vitamin dan Mineral. Yang jelas, Pembina UKS SDN 50, Dra. Tjut Sri Bunyani Devi, terus menemani dan membimbing mereka. Sikap tegas dan disiplin yang diterapkan membuat keempat dokter cilik ini percaya diri di hadapan juri nasional. “Mereka tidak hanya diberi materi, namun juga pemahaman atas apa yang harus disampaikan. Hasilnya Juri pun terpukau,” jelas guru yang akrab dipanggil Bu Devi ini dengan bangga.

Tidak berhenti sampai disitu saja prestasi mereka loh. Haris ternyata juga membawa gelar Duta Persahabatan. Dia dinilai oleh tim penilai sebagai anak yang aktif dan mampu bersosialisasi dengan baik. Setiap kesempatan, Haris selalu berusaha untuk berkenalan dengan semua peserta lomba. “Kalau sarapan pagi, ya saya gabung sama teman yang lain. Biar temannya banyak,” tuturnya.

Hal ini menarik perhatian juri, apalagi karena hampir semua peserta mengenal Haris yang berasal dari Aceh ini. Haris pun mengaku dia tidak takut untuk berkenalan dengan orang baru. Nah, itu dia Sahabat Serambi Kids cerita juara II Dokter Kecil Mahir Gizi 2015 kali ini. Semoga bisa menginspirasi kalian untuk senang makan sayur agar selalu sehat dan ceria.(tiara fatimah)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved