WHO: Korban Konflik Yaman Sudah Mencapai 944 Orang Tewas

Presiden Hadi yang sempat menjadi tahanan rumah berhasil meloloskan diri dan kabur ke kota Pelabuhan Aden

WHO: Korban Konflik Yaman Sudah Mencapai 944 Orang Tewas
AFP PHOTO / SALEH AL-OBEIDI
Pendukung seperatis Gerakan Selatan yang setia kepada pasukan pemerintah, berjaga di pinggiran barat Aden selama bentrokan dengan pemberontak Syiah, 7 April 2015. 

SERAMBINEWS.COM, GENEVA — Konflik bersenjata yang mengoyak Yaman sejak akhir Maret telah menewaskan 944 orang dan membuat 3.487 orang terluka. Demikian disampaikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Selasa (21/4/2015).

WHO menyatakan, angka korban ini diperoleh dari berbagai fasilitas kesehatan di Yaman, tetapi diyakini jumlah korban jauh lebih tinggi karena banyak orang tidak mendapatkan perawatan medis.

Sejak akhir Maret lalu, koalisi negara-negara Teluk yang dipimpin Arab Saudi melakukan intervensi militer ke Yaman setelah pemberontak Houthi berhasil menduduki ibu kota Sana'a dan mengusir Presiden Abdu Rabbo Mansour Hadi.

Presiden Hadi yang sempat menjadi tahanan rumah berhasil meloloskan diri dan kabur ke kota Pelabuhan Aden dan mendirikan pemerintahan tandingan yang tak mengakui keberadaan kelompok Houthi.

Akibatnya, pemberontak Houthi kemudian bergerak menuju Aden dan menggempur kota itu hingga Presiden Hadi harus kabur ke Arab Saudi. Setelah menyerukan permintaan tolong, pasukan koalisi Arab kemudian menggelar serangan udara untuk menahan laju pasukan pemberontak Houthi.

Tags
WHO
Yaman
Editor: faisal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved