Jokowi: Bank Dunia, IMF, dan ADB Sebaiknya Tidak Digunakan Lagi

Jokowi menegaskan kepada seluruh Kepala Negara yang hadir dalam acara KAA ini bahwa negara-negara di kawasan Asia dan Afrika harus menghilangkan..

Jokowi: Bank Dunia, IMF, dan ADB Sebaiknya Tidak Digunakan Lagi
Kompas
Presiden Joko Widodo. 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo dalam pidatonya menyatakan kritikannya terhadap lembaga-lembaga keuagan dunia seperti World Bank atau Bank Dunia, International Moneter Funds dan Bank Pembangunan Asia.

Menurut Joko Widodo, lembaga-lembaga keuangan internasional tersebut sudah usang dan sebaiknya tidak digunakan lagi.
"Pandangan yang mengatakan persoalan ekonomi dunia hanya bisa diselesaikan oleh Bank Dunia, IMF dan ADB adalah pandangan yang sudah usang dan perlu dibuang," ujar Jokowi dalam sambutannya di Konferensi Asia Afrika yang digelar di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (22/4/2015).

Jokowi menegaskan kepada seluruh Kepala Negara yang hadir dalam acara KAA ini bahwa negara-negara di kawasan Asia dan Afrika harus menghilangkan dominasi negara lain dan mereformasi arsitektur keuangan dunia. "Kita mendesak reformasi arsitektur keuangan dunia, menghilangkan dominasi kelompok negara atas negara lain," ucap Jokowi,

Jokowi mengatakan hingga kini tatanan ekonomi dunia masih menampilkan ketidakadilan. Menurutnya, negara-negara kaya seolah memiliki posisi yang lebih tinggi dan bisa menentukan perekonomian global.

Tags
KAA-2015
Editor: Jalimin
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved