Breaking News:

Gubernur Sumsel Alex Noerdin Tawar Batu Aceh Rp 50 Juta

"Awalnya keris aswad Aceh ditawar dengan harga Rp 15 juta oleh seorang kolektor batu dari Jakarta. Tapi kemudian ditutup dengan penawaran tertinggi..

Gubernur Sumsel Alex Noerdin Tawar Batu Aceh Rp 50 Juta
SERAMBINEWS.COM
Alex Noerdin sedang memperhatikan keris yang terbuat dari batu aswad Aceh atau Black Jade, Minggu (31/5/2015).

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Sebuah keris yang dibentuk dari batu aswad Aceh berhasil terjual dengan harga Rp 50 juta. Pembelinya adalah Gubernur Sumatera Selatan, H Alex Noerdin pada pembukaan pameran "Gemstone" di Kompleks Stadion Jakabaring, Palembang, Minggu (31/5/2015).

Pemilik batu tersebut, Iswadi Azwir, salah seorang pengusaha batu giok dari Aceh. Batu Aswad Aceh adalah nama lain dari "black jade" dipopulerkan oleh Iswadi di berbagai pameran dan publikasi. Aswad Aceh berwarna hitam yang banyak terdapat di Aceh dan dipercaya mampu mengalirkan energi positif bagi tubuh.

"Awalnya keris aswad Aceh ditawar dengan harga Rp 15 juta oleh seorang kolektor batu dari Jakarta. Tapi kemudian ditutup dengan penawaran tertinggi oleh Gubernur Alex Noerdin," kata Iswadi melalui sambungan telepon seluler kepada Serambinews.com dari Palembang.

Selain aswad, batu Aceh lainnya, lumut idocrase, juga berhasil terjual dengan harga Rp 25 juta ukuran medium.
Iswadi mengatakan di berbagai pameran, batu dari Aceh selalu memperoleh perhatian publik. "Saya menghadiri pameran di banyak tempat di Indonesia, batu Aceh tetap idola," kata Iswadi yang sehari-hari berjualan batu di Rawabening dan Season City Jakarta. Ia juga membuka cabang usaha di Solo dan Denpasar.

Pameran batu mulia "Gemstone" Palembang itu juga dihadiri ahli batu mulia Ir. H. sudjatmiko dari Bandung. Pameran berlangsung sampai pekan depan.

Kontes batu tersebut menampilkan berbagai varian idocrase seperti chalcesony, crishocola in chalcedony serta batu gambar dan batu antik.

Kontes tersebut dinilai oleh tim juri yang terdiri dari Abe Hamdi, Jeffry, Ading Nurahman, Junaidi, Iksan, dan Iswadi azwir, satu-satunya pengusaha asal Aceh. (*)

Tags
Batu Akik
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved