Breaking News:

Serambi Spiritual

Puasa Sarana Mendekatkan Diri kepada Allah

banyak ulama mengatakan bahwa puasa Ramadhan merupakan sarana yang tepat dalam mendekatkan diri...

Penulis: Eddy Fitriadi | Editor: Jalimin
getty images
Ilustrasi seorang pemuda sedang membaca Alquran. 

Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Selain sebagai kewajiban seorang muslim, puasa memiliki banyak keistimewaan, yaitu berupa manfaat yang dapat dirasakan secara fisik maupun kerohanian. Bahkan puasa merupakan sarana mendekatkan diri kepada Allah. Bagaimana bisa?

Ustaz Dr Jabar Sabil MA mengatakan, banyak ulama mengatakan bahwa puasa Ramadhan merupakan sarana yang tepat dalam mendekatkan diri kepada Allah. "Banyak ulama berpendapat puasa itu dapat mendekatkan diri kepada sang Pencipta, namun sulit dijelaskan secara rasional, apakah saya sudah dekat atau sok dekat dengan Allah?" Ujar dia.

Dr Jabar menambahkan, hal itu sebagaimana dijelaskan dalam Surat Albaqarah ayat 183 yang menyatakan bahwa ibadah yang kita lakukan (fisik) akan mengantarkan kita ke derajat taqwa (mental).

Maka dari itu, menurutnya, ibadah puasa yang dilakukan secara benar sesuai tuntunan Rasulullah SAW akan membawa kita kepada taqwa, dan orang yang taqwa itu dekat dengan Allah.

Dia menambahkan, orang yang dekat dengan sang Khalik akan senantiasa menjaga dirinya dari perbuatan yang tidak disukai Allah. Mental taqwa yang telah dicapainya di Ramadhan akan selalu direfleksikannya di bulan-bulan lainnya.

Dalam Serambi Spiritual edisi kali ini, Kamis 25 Juni 2015, tim mengangkat topik "Puasa Sarana Mendekatkan Diri Kepada Allah". Hadir di studio SerambiFM, Dosen UIN Ar-Raniry Dr Jabar Sabil MA dan dipandu host Nico Firza. (*)

Tags
Ramadhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved