Breaking News:

Serambi Spiritual

Tak Ada yang 'Keramat' di Dunia Ini, kecuali Rasulullah SAW

"Ustaz, bagaimana kalau ada orang yang sengaja meminta doa kepada orang yang dianggapnya keramat?...

Penulis: Eddy Fitriadi | Editor: Jalimin
getty images
Muslim dari seluruh dunia beribadah menghadap ka bah di Masjidil Haram. 

Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Tak ada orang keramat dan tak ada yang pantas dikeramatkan di dunia ini, kecuali Rasulullah Muhammad SAW. Hal tersebut diutarakan Dr Muhammad Yasir Yusuf menjawab pertanyaan penelepon Serambi Spiritual.

"Ustaz, bagaimana kalau ada orang yang sengaja meminta doa kepada orang yang dianggapnya keramat? Di daerah saya banyak yang seperti itu ustaz," ujar Didi, dalam Serambi Spiritual, program khusus membedah soal agama selama Ramadhan.

Menanggapi hal itu, Dr Muhammad Yasir menekankan, tak ada orang keramat selain Rasulullah yang senantiasa suci dari dosa. "Tidak ada dan tidak boleh, hanya Rasulullah yang keramat sebab kesuciannya dijaga oleh Allah SWT," ujarnya.

Dia menambahkan, untuk memperoleh kemaqbulan doa, manusia diperintahkan untuk memintanya langsung kepada Allah. "Berdoa langsung kepada Allah, atau minta didoakan oleh orangtua kita. Karena doa orangtua pasti maqbul," imbuh dia.

Dalam program Serambi Spiritual edisi 26 Juni 2015, tim menghadirkan dosen UIN Ar-Raniry, Dr Muhammad Yasir Yusuf. Tema yang diangkat kali ini yaitu "Ramadhan dan Kesalehan Sosial."

Dr Muhammad Yasir Yusuf berpesan, ada tiga manfaat besar dari melaksanakan puasa Ramadhan. "Yang pertama, puasa Ramadhan membentuk kesalehan pribadi. Kedua, menciptakan Ketahanan keluarga, coba bayangkan di bulan ini kita punya banyak waktu berkumpul bersama keluarga," ujarnya.

Manfaat yang ketiga, menurut Dr Muhammad Yasir, puasa memberikan kita kesalehan sosial. "Kita dididik untuk peka terhadap permasalahan sosial," tandasnya. (*)

Tags
Ramadhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved