Breaking News:

Serambi Spiritual

"Nafsu Itu Seperti Anak Kecil, Dilatih Secara Perlahan"

"Faktor eksternal itu dari syaitan, sedangkan internalnya dari kita sendiri, yaitu nafsu," ujarnya dalam...

Penulis: Eddy Fitriadi | Editor: Eddy Fitriadi
shutterstock
Ilustrasi. 

Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Dalam Hadits Rasulullah SAW dikatakan, bahwa ketika Ramadhan datang, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan syaitan-syaitan dibelenggu, sehingga tidak akan dapat mengganggu muslim yang larut dalam peribadatan.

Tapi, kenapa sebagian orang merasa masih digoda, sedangkan syaitan tidak ada?

Ustaz Muhammad Hatta LC M Ed, Pimpinan LPI Dayah Madani Al Aziziyah mengatakan, ada dua faktor yang menyebabkan muslim tak bisa mengendalikan dirinya.

"Faktor eksternal itu dari syaitan, sedangkan internalnya dari kita sendiri, yaitu nafsu," ujarnya dalam program Serambi Spiritual, Selasa (30/6/2015).

Dia melanjutkan, khusus untuk bulan Ramadhan, Allah SWT menjamin syaitan tidak akan mengusik manusia. Muhammad Hatta mengibaratkan, pengendalian nafsu itu seperti melatih anak kecil.

"Nafsu itu seperti anak kecil, dilatih secara perlahan. Dan anak kecil tak bisa langsung disuruh lari," ujar dia.

Ustaz menambahkan, bulan Ramadhan ialah momen mengevaluasi diri. "Saat inilah kita mengevaluasi diri, ketika tak ada gangguan setan, sejauh mana kita bisa mengendalikan nafsu," jelasnya.

Dalam Serambi Spiritual edisi kali ini, Selasa 30 Juni 2015, tim mengangkat topik "Ramadhan Bulan Pengendalian Diri". Hadir di studio SerambiFM, Pimpinan LPI Dayah Madani Al Aziziah Lampeneurut, Ustaz Muhammad Hatta Lc M Ed dan dipandu host Dosi Elfian.(*)

Tags
Ramadhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved