Breaking News:

Serambi Spiritual

Hanya Orang Beriman yang Diterima Puasanya

"Oleh karena itu, kita harus tahu dulu, seperti apa karakteristik orang yang beriman," kata dia...

Penulis: Eddy Fitriadi | Editor: Eddy Fitriadi
shutterstock
Ilustrasi. 

Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM - Puasa merupakan bentuk ketaatan seorang hamba dalam beribadah kepada Allah SWT. Sebab, seorang muslim tak hanya menjauhkan diri dari yang haram saja selama Ramadhan, melainkan juga menjauhkan dirinya dari perbuatan yang sebenarnya halal, seperti makan, minum, dan berhubungan suami-istri di siang hari.

Ustaz Gamal Akhyar LC MA mengatakan, kepatuhan seorang muslim dalam melaksanakan puasa Ramadhan itu akan diganjar dengan sebaik-baiknya oleh Allah.

"Selain mendapat pahala atas setiap ibadah di Ramadhan, orang yang puasa dengan penuh keyakinan dan mengharap pahala dari Allah, juga akan diampuni dosanya yang lalu," ujar Ustaz Gamal, Rabu (1/7/2015).

Dia menambahkan, hanya puasa orang beriman yang akan diterima Allah SWT. "Oleh karena itu, kita harus tahu dulu, seperti apa karakteristik orang yang beriman," kata dia.

Pertama, kata Ustaz Gamal Akhyar LC MA, mengutip firman Allah dalam Surat Al-Anfal ayat 2-3, orang yang beriman itu ketika mendengar nama Allah maka akan bergetar hatinya. "Dan jika dibacakan ayat Allah maka akan bertambah keyakinannya," jelasnya.

Karakteristik kedua, kata Ustaz Kamal, orang yang beriman akan selalu bertawakkal, "Artinya dia percaya bahwa tak akan terjadi sesuatu tanpa kuasa Allah."

Selanjutnya, orang yang beriman itu senantiasa mendirikan shalat, baik yang wajib maupun sunat dengan khusyuk. "Dan terakhir, orang yang gemar menyedekahkan hartanya di jalan Allah," tandasnya.

Dalam program Serambi Spiritual edisi Rabu (1/7/2015), tim mengangkat tema "Hanya Orang Beriman yang Diterima Puasanya." Hadir di studio SerambiFM, Ustaz Gamal Akhyar LC MA dipandu host Nico Firza.

Program bedah masalah agama ini dihadirkan selama Ramadhan dari Senin-Jumat pada pukul 10.00-11.00 WIB dengan narasumber yang berbeda. Program interaktif ini merupakan kerjasama antara SerambiFM dan KWPSI, dan didukung oleh Bank Aceh Syariah. (*)

Tags
Ramadhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved