Breaking News:

Serambi Spiritual

Orang yang Suka Bohong Bukan Umat Nabi Muhammad

"Orang Islam itu banyak yang penakut, mungkin ada juga yang pelit, dan itu wajar saja. Tapi muslim tak mungkin bohong, karena yang..

Penulis: Eddy Fitriadi | Editor: Eddy Fitriadi
shutterstock
ILUSTRASI. 

Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Bohong atau dusta adalah sifat yang paling dibenci Rasulullah, sebab bohong dapat menimbulkan masalah yang jauh lebih besar, dan tentunya akan ada pihak yang dirugikan. 

Dr Fauzi Saleh MA mengatakan, Rasulullah Muhammad SAW dikenal karena kejujurannya, oleh sebab itu sifat tersebut sepatutnya ditiru oleh umat muslim di dunia.

"Orang Islam itu banyak yang penakut, mungkin ada juga yang pelit, dan itu wajar saja. Tapi muslim tak mungkin bohong, karena yang suka bohong bukan umat nabi Muhammad," ujarnya pada program Serambi Spiritual, Jumat (3/7/2015).

Dia menyontohkan, Rasulullah SAW mengajarkan pentingnya kejujuran kepada seorang pria dari suku Badui. "Saat itu sang Badui minta amalan yang mudah kepada Rasulullah, dan Rasulullah berkata, jangan berbohong," ujar Fauzi Saleh.

Hal tersebut ternyata sangat efektif, si Badui akhirnya 'mau tak mau' menghentikan perilaku maksiatnya, sebab takut bila nanti ditanya Rasulullah dan dia akan berbohong, imbuh Dr Fauzi.

Dia juga menjelaskan bahwa puasa merupakan ibadah yang sangat rahasia, sehingga menuntut diri kita untuk jujur kepada Allah SWT dan diri sendiri. "Pahala puasa itu hanya Allah yang tahu, sebab sangat spesial. Dan orang yang berpuasa itu adalah orang yang jujur," tandasnya.

Dalam program Serambi Spiritual edisi Jumat (3/7/2015), tim mengangkat tema "Puasa Mendidik Kejujuran." Hadir di studio SerambiFM, Dr Fauzi Saleh MA dan dipandu host Nico Firza.

Program bedah masalah agama ini tayang selama Ramadhan dari Senin-Jumat pada pukul 10.00-11.00 WIB, dengan narasumber yang berbeda di setiap harinya.

Program interaktif ini merupakan kerjasama antara SerambiFM dan KWPSI, dan didukung oleh Bank Aceh Syariah.

Ustaz Fauzi Saleh menekankan bahwa sifat jujur harus diterapkan di segala kondisi, meskipun sedang bergurau. Dia menambahkan, lebih baik diam daripada harus berbohong.

"Bahkan Rasulullah pernah bergurau ketika datang seorang nenek kepadanya. Rasulullah berkata 'tak ada nenek di syurga', sehingga membuat  nenek itu menangis. Lalu akhirnya Rasulullah menjelaskan bahwa semua penghuni syurga itu awet muda," jelasnya. (*)

Tags
Ramadhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved