Breaking News:

Serambi Spiritual

Orang Taqwa Selalu Diberikan Jalan Keluar

"Sebagaimana dalam firman Allah surah At-Talaq ayat dua, barang siapa bertaqwa kepada Allah maka akan selalu diberikan jalan keluar,"

Penulis: Eddy Fitriadi | Editor: Eddy Fitriadi
getty images
Muslim dari seluruh dunia beribadah menghadap ka bah di Masjidil Haram. 

Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM - Puasa Ramadhan ialah sarana untuk menggapai derajat taqwa. Sebagaimana diketahui, ketaqwaan merupakan derajat tertinggi yang dapat dicapai seorang muslim.

Hal serupa diungkapkan Prof Dr M Hasbi Amiruddin dalam Serambi Spiritual edisi Senin (6/7/2015). Dia mengatakan, orang yang taqwa senantiasa disayang Allah SWT, sehingga selalu diberikan kemudahan dan jalan keluar.

"Sebagaimana dalam firman Allah surah At-Talaq ayat dua, barang siapa bertaqwa kepada Allah maka akan selalu diberikan jalan keluar," ujarnya, Senin (6/7/2015).

Dia menambahkan, orang bertaqwa memiliki hati yang lembut, sehingga tak tersulut emosi dan mudah memaafkan. "Orang yang taqwa itu mampu mengendalikan dirinya di situasi sulit sekalipun, karena ia hanya berserah kepada Allah," jelasnya.

Dalam program Serambi Spiritual edisi Senin (6/7/2015), tim mengangkat tema "Ketaqwaan." Hadir di studio SerambiFM, Guru Besar UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr M Hasbi Amiruddin dan dipandu host Nico Firza.

Program bedah masalah agama ini dihadirkan selama Ramadhan dari Senin-Jumat pada pukul 10.00-11.00 WIB dengan narasumber yang berbeda. Program interaktif ini merupakan kerjasama antara SerambiFM dan KWPSI, dan didukung oleh Bank Aceh Syariah.

Salah seorang penelepon dalam program ini bertanya, "Bagaimana kita tahu seseorang telah mencapai derajat ketaqwaan?"

Prof Hasbi Amiruddin menjawab, orang taqwa adalah orang yang disayangi Allah SWT, karena selalu melaksanakan apa yang diperintahkan dan meninggalkan semua larangan Allah.

"Selain bagus dalam ibadah, ia juga bagus dalam hubungan sesama manusia, meskipun berbeda agama. Dan Allah memudahkan semua perkara hidupnya dan diberikan rezeki dari arah yang tak disangka-sangka," pungkasnya. (*)

Tags
Ramadhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved