Breaking News:

Mulai 2016, Exxon Pasok Gas untuk Rumah Tangga

Pemko Lhokseumawe gas kepada 3.997 rumah di Kecamatan Muara Satu akan dipasok oleh ExxonMobil melalui

LHOKSEUMAWE - Pemko Lhokseumawe gas kepada 3.997 rumah di Kecamatan Muara Satu akan dipasok oleh ExxonMobil melalui PT Perta Arun Gas (Pertagas) mulai awal 2016 mendatang. Hal itu disepakati dalam pertemuan Pemko Lhokseumawe diwakili Asisten III Setdako, Miswar dengan Pertamina, Kementerian ESDM, dan SKK Migas di Jakarta, beberapa waktu lalu.

“Dalam tahun ini, gas untuk rumah tangga sudah pasti tidak bisa dialirkan. Sebab, karena ada beberapa pekerjaan lagi yang harus diselesaikan dulu,” ujar Miswar kepada Serambi di Lhokseumawe, Senin (10/8).

Dalam pertemuan itu, menurutnya, Pertamina menyatakan, meski jaringan gas untuk rumah tangga sudah selesai dikerjakan, tapi untuk bisa mengalirkan gas ada beberapa pekerjaan yang harus ditambah. Seperti, sebut Miswar, penyambungan pipa milik Exxon ke pipa gas rumah tangga sejarak 1,5 kilometer, pembangunan metering and regulating station (alat untuk mendata berapa besar gas yang dipasok ke jaringan gas rumah tangga), dan penetapan harga gas subsidi yang harus dibayar Pemko Lhokseumawe kepada Pertagas.

Dikatakan, untuk penyambungan pipa serta pembangunan metering and regulating station sekarang sudah memasuki proses tender. “Pada 19 Agustus ini tim dari Jakarta akan meninjau lokasi pembangunan kedua item tersebut,” ungkapnya.

Menyangkut harga gas subsidi, Miswar mengatakan, hal itu menunggu keputusan Menteri ESDM pada Oktober mendatang. “Berdasarkan hal-hal tersebut, Pertamina memastikan gas baru bisa dipasok ke rumah rangga pada awal tahun depan” ulasnya. Karena itu, ia berharap masyarakat penerima manfaat dapat bersabar.(bah)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved