Ditemukan Galaksi Tertua dan Terjauh di Alam Semesta

Galaksi itu kini sedang dipelajari melalui data-data yang diperoleh dari teleskop luar angkasa Spitzer dan Hubble.

Ditemukan Galaksi Tertua dan Terjauh di Alam Semesta
Caltech/Adi Zitrin
Galaksi EGS8p7 yang diyakini telah ditemukan oleh para peneliti dari California Institute of Technology. Galaksi tersebut dipercaya sebagai galaksi tertua dan terjauh yang pernah ditemukan di alam semesta. 

SERAMBINEWS.COM, CALIFORNIA - Para astronom dari California Institute of Technology menemukan galaksi tertua yang pernah ditemukan di alam semesta. Galaksi itu diberi nama EGS8p7.

Galaksi EGS8p7 dikatakan sebagai yang tertua sebab galaksi itu berusia lebih dari 13,2 miliar tahun, berselisih sedikit dengan alam semesta yang berusia sekitar 13,8 miliar tahun.

Bahkan, galaksi tersebut kemungkinan muncul tak lama setelah fenomena Big Bang terjadi. Selain menjadi galaksi tertua, menurut lansiran dari NYC Today, EGS8p7 juga menjadi galaksi terjauh yang pernah ditemukan.

Galaksi itu kini sedang dipelajari melalui data-data yang diperoleh dari teleskop luar angkasa Spitzer dan Hubble. Para peneliti menggunakan sebuah alat pengukur yang bisa mengukur gelombang dan intensitas gelombang inframerah.

Hasil studi yang menarik dari penelitian itu adalah para ahli melihat gejala atau tanda tertentu dari galaksi tua yang biasanya tidak terlihat dari teleskop bumi, sehingga galaksi itu terbilang terlalu terang untuk menjadi sebuah galaksi yang jauh dan tua.

Penemuan galaksi EGS8p7 dikatakan bisa memberikan petunjuk-petunjuk tambahan mengenai sejarah alam semesta. (The Space Reporter/NYC Today)

Tags
Galaksi
Editor: Yusmadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved