Prodi Sosiologi Agama Bedah Buku Adat Berdaulat

Program studi (Prodi) Sosiologi Agama Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, akan membedah

Prodi Sosiologi Agama Bedah Buku Adat Berdaulat
Adat Berdaulat Melawan Serbuan Kapitalisme di Aceh 

BANDA ACEH - Program studi (Prodi) Sosiologi Agama Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, akan membedah buku Adat Berdaulat Melawan Serbuan Kapitalisme di Aceh. Kegiatan yang akan dilaksanakan di Gedung Museum UIN Ar-Raniry, Sabtu (31/10) itu terbuka untuk umum.

Ketua Program Studi Sosiologi Agama UIN Ar-Raniry Banda Aceh, M Sahlan Hanafiah dalam siaran pers yang diterima Serambi, Kamis (29/10) mengatakan, kegiatan bedah buku tersebut akan menghadirkan cendikiawan muda Indonesia yaitu Nezar Patria sebagai pembicara.

“Hal ini mempertimbangkan bahwa Nezar adalah salah seorang tokoh Aceh yang paling paham sistem berpikir dan bekerja kapitalisme,” kata Sahlan. Diharapkannya, melalui bedah buku ini juga dapat memberikan pengetahuan baru kepada mahasiswa, terlebih para akademisi dan praktisi.

Katanya, ancaman ekonomi politik kapitalisme dapat menyebabkan bencana yang lebih besar di Aceh. Setelah perjanjian damai antara RI-GAM di Helsinki, Finlandia pada 2005 lalu, kata Sahlan kini Aceh diserbu oleh perusahaan-perusahaan tambang dan perkebunan yang mengambil alih tanah-tanah komunal, merusak hutan, sistem air dan ekosistem secara umum.

“Sehingga masyarakat di gampong-gampong menerima bencana yang ditimbulkan dari kegiatan industri ekstraktif perusahaan-perusahaan itu.

Kami ingin masalah-masalah di gampong terpahami dengan baik dan menjadi bahan kajian ilmiah di UIN Ar-Raniry,”demikian Sahlan Hanafiah.(una)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved