Gerai Indomaret Tak Layani Penjualan Rokok kepada Anak

PAPRA merupakan wujud dukungan pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2012 tentang larangan menjual produk tembakau kepada anak-anak.

Gerai Indomaret Tak Layani Penjualan Rokok kepada Anak
FOTO/KOMPAS

SERAMBINEWS.COM - Untuk membatasi penjualan produk rokok kepada anak-anak, PT HM Sampoerna bekerja sama dengan PT Indomarco Prismatama, yang memiliki gerai Indomaret, meluncurkan program Pencegahan Akses Pembelian Rokok oleh Anak-anak (PAPRA) di Jakarta (3/11/15).

PAPRA merupakan wujud dukungan pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2012 tentang larangan menjual produk tembakau kepada anak-anak. Program yang kali pertama dijalankan pada Oktober 2013 ini telah menjangkau 4.800 peritel di Jabodetabek. Hingga hari ini, program tersebut dijalankan di 30.000 peritel yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Anak-anak seharusnya dilarang untuk merokok serta membelinya. Untuk itu, kami mendukung ketentuan dalam PP No.109/2012," kata Direktur Hubungan Eksternal PT HM Sampoerna Yos Adiguna dalam peresmian program ini di gerai Indomaret Jalan Ir H Juanda, Jakarta Pusat.

PAPRA dilakukan antara lain dengan memberikan edukasi kepada kasir-kasir Indomaret agar tidak melayani pembelian rokok kepada anak berusia kurang dari 18 tahun dan penempelan berbagai larangan pembelian rokok oleh anak di gerai Indomaret.

Menurut Direktur Marketing PT Indomarco Prismatama, Wiwiek Yusuf, pengecekan dan pemberian edukasi setiap bulan juga akan dilakukan agar masyarakat semakin paham tentang aturan pemerintah ini. Wiwiek berharap, langkah ini akan diikuti oleh gerai lainnya.

Editor: Fatimah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved