Aplikasi Telegram Blokir Kanal ISIS

Telegram digunakan pula oleh ISIS untuk mengklaim serangan di Paris, Prancis, pada pekan lalu dan pemboman pesawat Rusia di Sinai, Mesir.

Aplikasi Telegram Blokir Kanal ISIS
MIRROR

SERAMBINEWS.COM, NEW YORK - Aplikasi pesan berbalas Telegram, yang dikatakan menjadi media ISIS untuk berbagi informasi, memutuskan untuk memblok kanal-kanal yang digunakan oleh ISIS.

Dikutip oleh The Guardian, Telegram selama ini digunakan untuk media berbagi informasi terkait kegiatan ISIS. Aplikasi tersebut juga digunakan untuk promosi dan perekrutan ISIS.

Sebelumnya, Telegram digunakan pula oleh ISIS untuk mengklaim serangan di Paris, Prancis, pada pekan lalu dan pemboman pesawat Rusia di Sinai, Mesir.

"Pekan ini, kami memblokir 78 kanal dalam 12 bahasa yang berhubungan dengan ISIS. Kami merasa terganggu ketika tahu kanal umum Telegram digunakan ISIS untuk menyebar propagandanya," tulis akun Twitter resmi Telegram Messenger, pada Kamis (19/11/2015).

Menurut seorang pengamat anti-terorisme di New York, AS, Alex Kassirer, ISIS mulai menggunakan Telegram sejak mereka menggunakan kanal broadcast untuk mengirim rilis untuk merekrut militan.

Namun, Telegram menekankan bahwa menutup kanal ISIS tidak berarti perusahaan tersebut menutup hak pengguna untuk menyuarakan aspirasinya, seperti yang didukung oleh Telegram.

"Di samping kami memblokir akun bot dan kanal teroris, kami tidak akan memblokir pengguna yang mengekspresikan opininya secara damai," sebut Telegram dalam pernyataannya.

Telegram menjadi aplikasi pesan berbalas yang populer atas layanan berkirim pesan teks, video, dan audio secara aman dan gratis, ke nomor telepon dan platform apapun. (The Guardian/Reuters)

Editor: Yusmadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved