Warga Dilatih Cara Mengusir Gajah

Dinas Kehutanan dan Perkebunan Pidie, 24-27 November 2015 melatih warga Kecamatan Mane

Warga Dilatih Cara Mengusir Gajah
Ilustrasi 

SIGLI - Dinas Kehutanan dan Perkebunan Pidie, 24-27 November 2015 melatih warga Kecamatan Mane dan Geumpang tentang cara mengusir gajah. Pelatihan itu diikuti 100 warga dari dua kecamatan tersebut. Dua hari pertama, pelatihan berlangsung di Geumpang dan dua hari terakhir di Mane.

Kadis Kehutanan dan Perkebunan Pidie, H Syarkawi A Wahab, Kamis (26/11), menyebutkan, pemateri yang diundang berasal dari

Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Dinas Kehutanan Aceh, serta Dishutbun dan BPBD Pidie. Sedangkan untuk teknis di lapangan, menurutnya, dikomandoi Hamdani dari Disbutbun Pidie.

“Dengan sosialisasi ini, kita harapkan masyarakat mendapat bekal ilmu untuk berpartisipasi aktif dalam penaganan gajah di masa mendatang,” ujarnya. Menurut Syarkawi, pengusiran gajah harus dilakukan dengan cara tanpa kekerasan. Tujuannya, agar satwa dilindungi itu tak marah sehingga tak masuk ke permukiman atau merusak tanaman.

Kadishutbun Pidie juga mengaku kawasan gajah yang sebelumnya ada di Mane dan Geumpang, kini juga sudah masuk ke pegunungan Keumala. Dikatakan, Pemkab Pidie sudah membangun community response unit (CRU) di Kecamatan Mane. Dengan adanya tempat itu, ia berharap meminimalisasi gangguan gajah.(aya)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved