Abrasi Sungai Manggamat Meluas

Abrasi Sungai Manggamat, Kecamatan Kluet Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, dilaporkan

* Jalan Menuju Koto Indarung Amblas

TAPAKTUAN-Abrasi Sungai Manggamat, Kecamatan Kluet Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, dilaporkan semakin meluas. Bahkan, jalan penghubung dari Manggamat menuju Koto Indarung dan Siurai-urai putus total akibat diterjang banjir, Sabtu (12/12). Untuk bisa keluar, warga Koto Indarung dan Siurai-urai terpaksa harus melewati lereng gunung yang terjal dan sangat licin.

Serambi yang turun bersama Ketua DPRK Aceh Selatan, T Zulhelmi dan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Aceh Selatan, Rahmad Humaidi ST, Sabtu (12/12), menyaksikan kondisi abrasi Sungai Manggamat tersebut. Sepanjang 200 meter badan jalan penghubung dari Manggamat ke Siurai-urai putus akibat diterjang banjir.

“Warga Koto Indarung dan Siurai-urai yang ingin ke Manggamat terpaksa harus melewati lereng gunung yang terjal dan sangat licin. Kondisi ini tentu sangat menyulitkan warga, terlebih warga yang keluar pada malam hari,” kata Ifandi, salah seorang warga setempat kepada Serambi.

Dia bersama warga lainnya berharap kepada Pemerintah Aceh dan Pemkab Aceh Selatan untuk segera membantu penanganan abrasi di kemukiman tersebut. Sebab, jika kondisi tersebut terus dibiarkan, maka puluhan rumah penduduk di dua gampong tersebut akan ikut amblas ke sungai. “Ada 12 unit rumah warga yang sudah dibongkar karena posisinya hampir roboh ke sungai,” kata Ifandi.

Selain pelurusan aliran sungai, kondisi lainnya yang harus dilakukan pemerintah agar abrasi tidak semakin meluas adalah membangun tebing pengaman dari batu gajah, dan pelurusan aliran sungai.

“Jika dua hal itu tidak segera dilakukan, maka keberadaan rumah penduduk dan perkebunan rakyat di Gampong Siurai-urai dan Koto Indarung akan semakin terancam,” ungkap Ifandi.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Aceh Selatan Rahmad Humaidi ST mengaku bahwa tim dari Pusat juga sudah turun ke lokasi guna melihat langsung kondisi abrasi tersebut. “Respon mereka cukup baik, tinggal lagi kita mempersiapkan proposalnya,” jelas Rahmad.

Sementara itu, Ketua DPRK Aceh Selatan T Zulhelmi mengaku siap mendukung upaya yang dilakukan BPBD setempat. “Jika perlu kami juga siap mendampingi untuk melobi bantuan tersebut ke Jakarta,” janji Ketua DPRK Aceh Selatan, T Zulhelmi.(tz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved