Penginapan di Sabang Penuh Hingga Akhir Tahun

Saat ini, kunjungan wisatawan mancanegara masih didominasi wisatawan petualang dan backpacker,

Penginapan di Sabang Penuh Hingga Akhir Tahun
Warga mengamati kapal pesiar Amadea yang bersandar di Pelabuhan Cargo Badan Pengusahaan Kawasan Sabang(BPKS) Rabu (21/1). Kapal yang bertolak dari Colombo Srilangka itu membawa 483 penumpang dan 350 kru. SERAMBI/AZHARI 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH -Kota Sabang mulai dibanjiri wisatawan mancanegara dan nusantara. Hotel dan penginapan di wilayah kepulauan itu sudah penuh hingga akhir tahun 2015.

Kepala Dinas Pariwisata Sabang, Zulvi Purnawati saat dihubungi dari Banda Aceh, Rabu (23/12/2015), menyatakan mulai hari ini para wisatawan sudah berdatangan ke Sabang untuk berlibur mulai Natal sampai Tahun Baru 2016.

"Saya sudah cek ke hotel dan penginapan, semuanya sudah penuh sampai tahun baru," katanya.

Selain hotel, lanjut dia, juga berkembang home stay, guest house, dan wisma. Kota Sabang yang berada di kawasan Pulau Weh ini hampir setiap akhir tahun selalu dibanjiri wisatawan lokal dan asing.

Ia mengatakan bahwa kunjungan wisatawan ke Sabang dari tahun ke tahun terus meningkat sehingga perkembangan ekonomi masyarakat terus membaik.

Selama tiga tahun terakhir, angka kunjungan wisatawan ke Sabang mengalami peningkatan, terutama wisatawan nusantara. Pada tahun 2012, misalnya, mencapai 212.000 orang, pada tahun 2013 meningkat menjadi 400.000 orang, kemudian pada tahun 2014 sebanyak 415.000 orang.

Saat ini, kunjungan wisatawan mancanegara masih didominasi wisatawan petualang dan backpacker, sementara domestik kebanyakan wisatawan keluarga.

Ia mengatakan bahwa turis mancanegara asal Jerman dan Perancis masih mendominasi dan selama dua tahun terakhir malah pengunjung asal Malaysia juga banyak berlibur ke Sabang, sedangkan domestik kebanyakan dari Sumatera, khususnya Sumatera Utara.

Pintu masuk wisatawan sendiri tidak hanya melaui Pelabuhan Balohan Sabang, tetapi kini sudah ada penerbangan langsung ke Sabang, yakni Garuda Indonesia, dan juga kunjungan kapal pesiar dan kapal layar kecil (yacht).

Dalam satu tahun ini, sebanyak 7-10 kapal pesiar merapat di Sabang dan biasanya wisatawan berkeliling kawasan yang berada di Pulau Weh.

Obyek wisata yang menarik di Sabang adalah wisata bahari, seperti Pantai Sumur Tiga, Pantai Gapang, Pantai Iboih, Pulau Rubiah, dan Anoi Itam yang menjadi surga bagi penyelam, serta Tugu Nol Kilometer yang menjadi titik nol dari Indonesia yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia.

Kota Sabang menyimpan keindahan ekosistem laut yang tidak kalah dengan daerah tujuan wisata lainnya di Indonesia maupun dunia. Keindahan alam dan pantainya yang masih alami, menjadikan daerah kepulauan di Provinsi Aceh ini terus dikunjungi turis, baik lokal maupun mancanegara.

Editor: faisal
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved