Ketua Aptisi: Minim Dosen PTS Lakukan Penelitian

Dosen perguruan tinggi swasta (PTS) di berbagai daerah di Aceh hingga saat ini masih sangat sedikit yang mampu melakukan penelitian

BANDA ACEH – Dosen perguruan tinggi swasta (PTS) di berbagai daerah di Aceh hingga saat ini masih sangat sedikit yang mampu melakukan penelitian dan penulisan karya ilmiah hasil penelitiannya. Padahal, salah satu dari tiga tri darma perguruan tinggi yang disandang lembaga pendidikan tinggi adalah melakukan penelitian.

Hal itu dikemukakan Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) XIII Aceh, Ir Hidayatullah Daud MT kepada Serambi Jumat (1/1) kemarin di Banda Aceh. Penyebabnya, ternyata para dosen PTS Aceh banyak tak mampu merebut dana hibah dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti). “Sebab lainnya, karena selama ini para dosen PTS di Aceh, kurang menguasai dalam penulisan proposal dana hibah yang mampu meyakinkan Pusat,” katanya.

Karena itu, untuk mengatasi hal itu, pihak Aptisi XIII Aceh akan melakukan workshop bimtek Penulisan Proposal Hibah Penelitian dengan menghadirkan Prof Dr Didik Sulistyanto yang merupakan Reviewer Riset Nasional pada 16-17 Januari 2016 mendatang di Universitas Muhammadiyah Aceh.

Hidayat Daud yang didampingi Sekretaris Aptisi Aceh, Drs Muchtar Mahmud MH MBA mengatakan, sebenarnya para dosen PTS di Aceh memiliki potensi yang besar untuk mendapat dana hibah yang mencapai triliunan rupiah per tahun dari Kementerian Ristek dan Perguruan Tinggi.

Sekretaris Aptisi Aceh, Muchtar Mahmud mengatakan workshop yang berlangsung selama dua hari, 16–17 Januari dengan menghadirkan guru besar Universitas Jember, Didik Sulistyanto sebagai nara sumber sangat penting artinya bagi peningkatan kemampuan menulis proposal bagi tenaga dosen.

Dikatakan, guru besar Universitas Jember itu selama dua hari penuh akan memberikan materi tentang Teknik Penulisan proposal Hibah Penelitian dan Bimtek Penulisan Porposal Hibah Penelitian. Aceh saat ini memiliki sebanyak 2.000-an tenaga pengajar yang bertugas di 107 Perguruan Tinggi Swasta yang tersebar di seluruh Aceh.(sir)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved