Breaking News:

KIP Aceh belum Lakukan Pemutakhiran Data Pemilih

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, sampai saat ini belum melakukan pemutakhiran data pemilih

Editor: bakri

BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, sampai saat ini belum melakukan pemutakhiran data pemilih karena masih menunggu Data Agregat Kependudukan Per Kecamatan (DAK2) dan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4), yang saat ini menjadi kewenangan pusat.

“Masalahnya hingga saat ini kita tak punya database kependudukan, sehingga harus menunggu DAK2 dan DP4 dari Pusat yang kemungkinan Maret 2016 baru diterima, baru selanjutnya dilakukan pemutakhiran data pemilih,” kata Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Ridwan Hadi, yang ditanyai Serambi, Rabu (6/1), terkait persiapan KIP Aceh menjelang Pilkada 2017.

Sejauh ini ia melanjutkan, persiapan yang telah dilakukan adalah melakukan konsolidasi organisasi, evaluasi terhadap pemilihan lalu, serta monitoring terhadap penyelenggara pemilu. Pihaknya juga telah melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) terkait pemberhentian beberapa komisioner di daerah.

“Saat ini kami melakukan perencanaan program dan anggaran. Kami telah ajukan anggaran Rp 203 miliar, untuk kegiatan kampanye calon, pembayaran honor Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) selama satu tahun, dan biaya lainnya termasuk tes kesehatan,” ungkap Ridwan Hadi.

Terkait pelaksanaan tes kesehatan, Ridwan mengaku pihaknya belum menentukan tempat pelaksanaan tes, sebab belum ada petunjuk teknis (juknis). “Kami bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Aceh, termasuk soal penentuan rumah sakit mana yang ditunjuk sebagai penyelenggara tes kesehatan nantinya,” jelasnya.

Selain itu, untuk ketentuan khusus dalam penyelenggaraan Pilkada, Ridwan menjelaskan, pihaknya berpedoman pada UU nomor 8 Tahun 2015 dan qanun. “Seperti uji publik, tes baca Alquran, dan lainnya belum ditentukan. Kami masih menunggu revisi qanun yang saat ini masih dibahas di DPRA,” demikian Ridwan Hadi.(fit)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved