Zaini Maju tak Mengejutkan

Pernyataan dr Zaini Abdullah akan maju lagi sebagai calon gubernur Aceh pada Pemilihan Kepala Daerah

Zaini Maju tak Mengejutkan

* Tak Seorang pun Bisa Melarang

BANDA ACEH - Pernyataan dr Zaini Abdullah akan maju lagi sebagai calon gubernur Aceh pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 ditanggapi beragam oleh kandidat gubernur lainnya, yakni Muzakir Manaf, Irwandi Yusuf, Tarmizi A Karim, dan Zakaria Saman. Tapi pada umumnya mereka tidak kaget dan menilai bukan hal yang mengejutkan bila Zaini yang kini berusia 75 tahun akan maju lagi di ajang pilkada tahun depan.

“Pernyataan Pak Zaini siap maju lagi sebagai calon gubernur Aceh periode 2017-2022, kami nilai sebagai hal yang biasa, tidak ada yang mengejutkan atau yang luar biasa,” kata H Muzakir Manaf yang dimintai Serambi tanggapannya, Kamis (7/1) siang di Banda Aceh.

Ketua Umum Partai Aceh yang juga Wakil Gubernur (Wagub) Aceh itu malah mempersilakan Zaini Abdullah maju meramaikan bursa kandidat gubernur. “Silakan saja dan itu haknya. Tak satu orang pun yang bisa melarangnya,” kata Muzakir yang tahun 2012 maju mendampingi Zaini Abdullah sebagai jagoan Partai Aceh (PA).

Tapi Muzakir juga mewanti-wanti Zaini. “Untuk maju kembali dan dalam mencari simpati rakyat, hendaknya jangan menjelek-jelekkan calon gubernur yang lain,” kata Muzakir Manaf.

Sosok yang akrab disapa Mualem ini menambahkan, banyak orang yang pernah menjabat gubernur ingin kembali mencalonkan diri untuk kedua kalinya, tapi gagal. Mungkin karena selama menjabat lima tahun sebelumnya banyak program pembangunan yang dibuatnya sangat kurang menyentuh kebutuhan dasar masyarakat. Misalnya, kurang peduli terhadap masyarakat pedesaan terpencil dan daerah kepulauan.

Mualem menilai, persaingan untuk menang dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur tahun 2017 tidak gampang, terlebih lagi setelah banyak tokoh dan mantan petinggi GAM maju sebagai calon gubernur. Ini membuat persaingan makin ketat.

Untuk itu, kata Mualem, dirinya yang telah dipercayakan sebagai calon gubernur dari PA terus melakukan konsolidasi ke internal PA supaya tak ada pihak-pihak yang menggembosi atau memecah belah soliditas PA sekarang ini, sampai ke pemilihan nantinya.

Menurutnya, jika ada Tuha Peuet PA yang mencalonkan diri sebagai calon gubernur, seperti Zaini Abdullah dan Zakaria Saman, silakan gunakan jalur lain di luar PA. Apakah itu jalur parnas, independen, atau lainnya. “Begitu juga Bang Irwandi yang juga mantan gubermur Aceh dan tokoh GAM yang kini menjadi penasihat PNA, silakan saja maju.”

Di mata Irwandi Yusuf, kemunculan Doto Zaini sebagai calon gubernur secara kalkulus jelas menambah ramai bursa percalonan gubernur. Jadi, jangan pula dianggap remeh karena masih banyak juga di antara konstituen yang pro-status quo.

Halaman
123
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved