Lionel Messi Raih Ballon d’Or Kelima

Lima gelar Pemain Terbaik Dunia atau FIFA Ballon d’Or telah diraih penyerang Barcelona, Lionel

Lionel Messi Raih Ballon d’Or Kelima
PEMAIN Barcelona, Lionel Messi didampingi Presiden Sementara FIFA, Issa Hayatou (kiri) menyampaikan pidato seusai terpilih sebagai pemain terbaik dunia atau FIFA Ballon d’Or 2015 di Kongresshaus, Zurich, Swiss, Selasa (13/1) dinihari WIB. 

ZURICH - Lima gelar Pemain Terbaik Dunia atau FIFA Ballon d’Or telah diraih penyerang Barcelona, Lionel Messi. Tak mudah bagi seorang pemain profesional merebut gelar tersebut di era sepakbola modern ini. Karena, pesaingnya cukup banyak dengan didominasi pemain yang berkiprah di kompetisi benua biru Eropa.

Messi tentu sangat bahagia ketika gelar kelimanya, FIFA Ballon d’Or 2015 diumumkan dan diserahkan legenda hidup pesepakbola Brasil, Kaka di Zurich Kongresshaus, Zurich, Swiss, Selasa (12/1) dini hari WIB. Pemain asal Argentina itu menang telak seusai memperoleh suara 41.33 persen, yang disusul Cristiano Ronaldo (27,76 persen) dan Neymar (7,86 persen). Bagi Messi ini sangat spesial mengingat gelar yang sama pernah diraih empat kali pada tahun 2009, 2010, 2011, dan 2012.

Peraih Ballon d’Or dipilih para juri beranggotakan pelatih timnas dan kaptennya dari negara anggota asosiasi FIFA. Kemudian satu jurnalis terpilih dari tiap negara juga punya hak untuk memilih. Tapi kapten timnas tak boleh memilih dirinya sendiri. Ketentuannya pemain yang dipilih pertama mendapatkan 5 poin, kedua memperoleh tiga poin, dan satu poin untuk pilihan ketiga.

Ada 162 negara anggota FIFA yang punya hak suara, kecuali Indonesia dan Kuwait yang hanya jurnalis saja bisa memilih. Messi mendapatkan 92 suara sebagai pilihan pertama dari pelatih timnas. Disusul Ronaldo sebagai pilihan pertama 38 suara dan ada 6 suara untuk Neymar sebagai pilihan pertama dan sisanya untuk pemain lain.

Kapten timnas juga memberi 90 suara kepada Messi untuk pilihan pertama. Untuk pilihan pertama bagi Ronaldo hanya 39 suara, dan pilihan pertama untuk Neymar hanya enam suara. Messi juga menang telak dari pilihan pertama jurnalis yang memberikan 137 suara. Ini jauh meninggalkan Ronaldo yang hanya mendapatkan 23 suara dari jurnalis. Bahkan Neymar hanya kebagian 3 suara dari pilihan pertama para kuli tinta.

Justru jurnalis dari Portugal, Rita Joaquim tak memilih bintang asal negaranya, Ronaldo sebagai pilihan pertama. Rita memantapkan pilihan pertama untuk Messi yang disusul Ronaldo dan Neymar. Bahkan nasib Neymar lebih tragis lagi, jurnalis Brasil, Machado Cleber justru menempatkan Messi sebagai pilihan pertama, kemudian Ronaldo dan posisi ketiga baru nama Neymar. Sedangkan jurnalis Indonesia, Saleh Nurdin menjadikan Messi sebagai pilihan pertama yang disusul Ronaldo dan Neymar.

Sebagai kapten timnas Argentina, Messi memilih rekannya di Barcelona, Luis Suarez sebagai pilihan pertama. Kemudian disusul Neymar dan Andres Iniesta. Begitu juga Ronaldo sebagai kapten Portugal menjagokan tiga rekannya di Real Madrid, yaitu Karim Benzema yang disusul James Rodriguez dan Gareth Bale. Sebaliknya, kapten timnas Brasil, Neymar menempatkan Messi sebagai pilihan pertama. Disusul rekannya dari Barcelona, Luiz Suarez menjadi pilihan kedua, dan Ivan Rakitic pilihan ketiga.

Rekor Messi ini sepertinya butuh waktu untuk dipecahkan pemain sepakbola lain. Pemain kelahiran Rosario, Argentina, 24 Juni 1987 bisa bersaing untuk gelar 2016. Karena Juni nanti usainya masih 29 tahun. Butuh konsistensi bagi anak pasangan Jorge Horacio Messi dan Celia Maria Cuccittini ini untuk merebut gelar itu lagi dengan persaingan cukup ketat. Tapi lima kali gelar itu saja sudah cukup sulit mengejarnya. Hanya empat pemain yang telah memenangkan Ballon d’Or tiga kali yaitu Johan Cruyff, Michel Platini, Marco van Basten dan Cristiano Ronaldo.

Tapi hanya Ronaldo yang masih aktif, meski usianya sudah 30 tahun. Biasanya usia tersebut merupakan masa penurunkan prestasi bagi seorang pemain. Tapi tak ada yang mustahil di sepakbola, seperti Lionel Messi memecahkan rekor gol bintang Athletic Bilbao, Telmo Zarra yang bertahan selama 59 tahun. Hetrik Messi ke gawang Sevilla untuk melengkapi kemenangan Barca, 5-1, di Camp Nou, Minggu (23/11/2014). Membuat Messi mengoleksi 253 gol sepanjang kariernya di Spanyol atau melewati 251 gol milik Telmo Zarra. Kita tunggu saja apa bisa melihat pemain yang memecahkan rekor Messi.(adi)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved