Unsyiah Bersiap Menuju PTN Berbadan Hukum

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) tahun ini sedang menyiapkan diri menuju Badan Layanan Umum (BLU)

BANDA ACEH - Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) tahun ini sedang menyiapkan diri menuju Badan Layanan Umum (BLU) dan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). Persiapan tersebut menjadi tema dalam rapat kerja (Raker) Unsyiah tahun 2016 di Aula Serbaguna Pendopo Bupati Aceh Timur, 15-17 Januari 2016.

Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng dalam sambutannya mengatakan, sangat memungkinkan bagi Unsyiah untuk jadi BLU. “Jika melihat perolehan prestasi dari akreditasi C ke A, Insya Allah kita juga bisa berharap Unsyiah juga mampu meloncat dari BLU menjadi PTN-BH,” ungkap Rektor seperti disampaikan kembali oleh Kepala Humas Unsyiah, Dr Ilham Maulana kepada Serambi, tadi malam.

Menurut rektor, Unsyiah akan semakin berkembang jika statusnya berubah menjadi BLU atau PTN-BH. Kampus yang menjadi jantong hatee (jantung hati-red) rakyat Aceh ini akan mampu meningkatkan inovasi dari segala sektor apabila statusnya sudah menjadi BLU atau PTN-BH.

Raker Unsyiah kali ini turut menghadirkan narasumber dari Direktorat PNBP Kementerian Keuangan RI, Cahyo Indartomo, Diah Dwi Utami, dan Khazanatul Mukarromah untuk memberikan penjelasan tentang pengelolaan PNBP dalam rangka persiapan menuju BLU. Sebelum menuju BLU atau PTN-BH, Unsyiah diminta untuk menjadi pengelola PNBP yang baik. PNBP adalah seluruh penerimaan pemerintah pusat yang tidak berasal dari penerimaan perpajakan yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 1997.

Panitia Raker, Dr Ir Husni Husin MT menjelaskan, raker tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hasil raker akan kembali dibahas di kampus Unsyiah selama dua hari dalam bentuk Focused Group Discussion (FGD). Raker Unsyiah tahun 2016 diikuti 140 peserta yang terdiri atas pejabat di lingkungan universitas tersebut.(jal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved