Komunitas Saleum Gelar Seminar Tari Kreasi Baru

Komunitas Saleum bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)

BANDA ACEH - Komunitas Saleum bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar workshop atau seminar tari kreasi baru di Aula Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Rabu (27/1). Kegiatan itu diikuti sejumlah seniman, perwakilan sanggar, dan guru kesenian di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Direktur Komunitas Saleum, Imam Juwaini kepada Serambi mengatakan, tujuan kegiatan itu untuk menumbuhkan minta para peserta yang selama ini bergelut di dunia tari tradisi atau kreasi. Para peserta diharapkan lebih terampil membuat konsep atau melahirkan gagasan untuk kemajuan dunia tari di Aceh.

“Juga bisa mengasah dan mempertajam kepekaan serta kemampuan para praktisi seni, guru tari, dan para penari yang menjadi peserta dalam workshop ini. Kita ingin semuanya lebih kreatif dalam berkarya,” kata Imam.

Workshop dengan tema pembinaan dan pengembangan kreatifitas kebudayaan Aceh itu menghadirkan akademisi dan praktisi seni tari pertunjukan Aceh, Marzuki Hasan, sebagai pemateri. Pria yang lebih dikenal dengan nama Pak Oki itu adalah seniman Aceh yang selama ini berkiprah dalam dunia tari tradisi dan kreasi di tingkat nasional dan dunia internasional.

“Sengaja kita menghadirkan Pak Oki, karena beliau adalah maestro di bidang tari. Kita berharap semua peserta bisa mengenal lebih jauh tentang tari kreasi baru ini,” ujar Imam.

Ia menjelaskan, kegiatan itu dilaksanakan dalam bentuk life skiil selama satu hari penuh, dengan menggunakan metode diskusi, penjelasan, dan peragaan gerak langsung secara bersamaan. “Alhamdulillah para peserta yang mengikuti kegiatan sangat antusias dan interaktif dengan pemateri. Kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin kita inysa Allah, sebelumnya juga sudah kita selenggarakan di Kabupaten Pidie,” pungkas Imam Juwaini.(dan)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved