Daya Beli di Pasar Atjeh Sangat Rendah

Sejumlah pedagang di Pasar Atjeh Banda Aceh mengaku memasuki tahun 2016 daya beli masyarakat yang diharapkan meningkat

BANDA ACEH - Sejumlah pedagang di Pasar Atjeh Banda Aceh mengaku memasuki tahun 2016 daya beli masyarakat yang diharapkan meningkat dari tahun-tahun sebelumnya, malah justru sangat rendah dalam bulan Januari 2016 ini. Hingga kini di Pasar Atjeh masih ada kios belum buka, tetapi di lantai satu dan dua yang sudah nyaris penuh dengan pedagang, juga sepi pembeli.

Seorang pedagang, Iwan kepada Serambi kemarin mengatakan dia hafal betul saat ramai dan sepinya pembeli bulan-bulan sebelumnya, yaitu tanggal 1 hingga 15, biasanya mereka akan meraup rezeki besar dari pembeli yang rata-rata adalah pegawai kantoran itu, setelah tanggal itu, mereka kembali sepi. Tetapi bulan ini hampir sebulan penuh selalu sepi.

Kondisi serupa juga diakui Fitri. Perempuan pedagang pakaian wanita ini mengaku sudah berjualan lama di Pasar Aceh, saat ini keuntungan yang didapatkan sehari-hari paling bisa untuk membeli kebutuhan hidup keluarga.

“Sudah bisa buat makan keluarga sehari-hari, saya rasa sudah lebih dari cukup. Di tanggal tua seperti ini kita tidak bisa mengharap banyak, yang berkunjung ke Pasar Atjeh banyak, tapi bukan untuk membeli,” ungkap Fitri.

Keluhan lainnya diterima Serambi dari beberapa pedagang di Pasar Atjeh, juga persoalan mahalnya harga sewa kios yang tak sebanding dengan jumlah pembeli, sehingga banyak pedagang menutup kios. “Bahkan banyak yang sudah mengalihkan sewa kepada yang lain, karena sepi dan dia tak bisa memutar modalnya,” ucap Iwan.

Menurutnya, kondisi demikian sangat berbeda jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Bila tahun-tahun sebelumnya omset yang diperolehnya dari dagangannya satu hari Rp 1,5 juta ke atas, saat ini kondisinya omset yang diperoleh sehari hanya Rp 500 ribu. Sehingga keadaan seperti itu dirasa berat oleh pedagang karena juga harus membayar harga sewa toko yang tinggi.

Sejumlah pedagang tas, sepatu, dan pakaian muslim di Pasar Atjeh yang dijumpai terpisah kemarin, juga menyampaikan bahwa akhir-akhir ini sangat sepi pembeli. (avi)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved