Publik Minta Benzema Perkuat Timnas Prancis di Euro 2016

“Seorang atlet hebat seharusnya bisa menjadi panutan bagi para penggemar, terutama anak-anak.

Publik Minta Benzema Perkuat Timnas Prancis di Euro 2016
KARIM BENZEMA 

SERAMBINEWS.COM, PARIS - Persoalan serius melanda tim nasional Prancis menjelang sepak mula Euro 2016 berkaitan dengan status Karim Benzema yang masih menggantung tanpa kejelasan sejak terjerat skandal pemerasan pada November silam.

Terdapat dua pilihan yang mesti dipertimbangkan secara matang oleh Prancis, yakni mencoret atau mencantumkan nama Benzema di skuat Euro 2016. Hal ini lantas menimbulkan pro dan kontra di Negeri Menara Eiffel tersebut.

Sebagian kalangan mengganggap Benzema sudah tidak layak lagi mengenakan seragam biru kebanggaan Prancis. Salah satu figur yang paling lantang bersuara adalah Perdana Menteri Prancis, Manuel Valls.

“Seorang atlet hebat seharusnya bisa menjadi panutan bagi para penggemar, terutama anak-anak. Jika tidak, dia bukan lagi bagian dari tim nasional Prancis,” ujar Valls beberapa waktu lalu seperti dilansir BBC Sport.

Meski begitu, tak sedikit pula yang berpihak kepada Benzema. Alasan utamanya tentu adalah penampilan istimewa penyerang berdarah Aljazair itu bareng Real Madrid, baik di kompetisi domestik maupun kontinental.

Sejauh ini, Benzema telah membukukan 22 gol dari 21 kali bertanding di semua ajang. Catatan tersebut melebihi koleksi striker Prancis lain semacam Andre-Pierre Gignac (UANL Tigres), Antoine Griezmann (Atletico Madrid), dan Olivier Giroud (Arsenal).

Perbandingan produktivitas gol Karim Benzema dengan penyerang Prancis lain di 2015/16. (PANJI SURYAMAN/BOLA)

Bukan cuma itu, Benzema juga teridentifikasi sebagai pemilik jam terbang terbanyak di skuat Prancis, yakni 87 penampilan plus tiga kali berpartisipasi di turnamen elite. Keberadaannya di atas lapangan bakal membawa pengaruh besar buat rekan setim.

Tak mengherankan bila publik begitu mengharapkan Benzema ikut membela Prancis di Euro 2016. Buktinya bisa disaksikan sendiri di situs olah raga ternama, France Football, yang memasang jajak pendapat mengenai isu tersebut.

Infografis Karim Benzema di tim nasional Prancis plus hasil jajak pendapat di situs France Football. (PANJI SURYAMAN/BOLA)

Kendati begitu, keputusan akhir tetap berada di tangan para petinggi Federasi Sepak bola Prancis (FFF) dan pelatih Didier Deschamps. Mereka perlu segera mengambil tindakan, paling tidak sebelum melakoni laga uji coba kontra Belanda (26 Maret) dan Rusia (29 Maret).

Editor: faisal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved