Gubernur: Perkuat Program Pelestarian Budaya Aceh

Gubernur Aceh mengimbau masyarakat Aceh mencintai budayanya dan berharap program-program pelestarian

BANDA ACEH - Gubernur Aceh mengimbau masyarakat Aceh mencintai budayanya dan berharap program-program pelestarian kebudayaan di provinsi ini diperkuat agar berjalan efektif.

Hal itu disampaikan Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Asisten Bidang Keistimewaan, Pembangunan, dan Perekonomian Setda Aceh, Azhari Hasan MSi, saat membuka Rapat Teknis Pelestarian Nilai Budaya Tahun 2016 di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Kamis (25/2).

Rapat teknis itu diselenggarakan Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Banda Aceh pada 24-25 Februari 2016, dihadiri ratusan peserta. Terdiri atas pegiat kebudayaan dan kesenian Aceh, akademisi, dan tokoh-tokoh masyarakat setempat.

Gubernur berharap, melalui rapat teknis tersebut semua pihak di Aceh bisa saling mengisi, saling memperkuat, dan saling mengkritisi, sehingga program-program pelestarian budaya di Aceh berjalan efektif.

Gubernur juga mengingatkan, khazanah budaya yang dimiliki masyarakat Aceh tidak hanya bersifat benda, tapi juga bersifat nonbenda, misalnya, berbagai kearifan lokal yang pernah berkembang di tengah masyarakat Aceh.

Ke dalam upaya pelestarian kebudayaan, kata Gubernur Aceh, juga termasuk menjaga perilaku positif dan karakter yang islami. Gubernur menambahkan bahwa program peningkatan pelestarian kebudayaan tidak hanya bertumpu pada seni dan tarian. Tapi juga termasuk memelihara perilaku positif dan karakter masyarakat Aceh yang sejalan dengan ajaran Islam.

“Globalisasi membuat masyarakat kita hanyut pada budaya Barat yang lebih banyak mengandalkan modernisasi dan kebebasan. Jika ini terus dibiarkan, maka budaya lokal akan tertinggal, sehingga identitas kebangsaan kita perlahan menjadi hilang,” katanya.

Kepala BNPB Banda Aceh, Iriani Dewi Wanti MSP, menyebutkan, rapat teknis yang pesertanya diperluas itu akan ditutup di Kota Sabang oleh wali kota setempat pada Jumat (26/2) malam. (dik)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved