Ini Dia Hikmah Gerhana

Seorang muslim semestinya mengambil dari tanda tanda kekuasaan Allah hikmah yang terkandung di dalamnya.

Ini Dia Hikmah Gerhana
Ilustrasi 

SERAMBINEWS.COM -- Gerhana matahari dan bulan adalah sebuah tanda dari sekian banyak tanda kekuasaan Allah kepada hamba-hambaNya, tentunya pasti memiliki faidah dan pelajaran yang sangat indah.

Seorang muslim semestinya mengambil dari tanda-tanda kekuasaan Allah hikmah yang terkandung di dalamnya.

Diantara sekian banyak hikmah dari gerhana matahari dan bulan adalah apa yang dinukil oleh Al Imam At Thabary dari sebagian Ulama.

Berikut penjelasan yang diterima Serambinews.com, Selasa (8/3//2016), dari Ustadz Imam Abu Abdillah, da'i di Ma'had Assunah, Lampeuneurut, Aceh Besar.

Bahwa di antara faidah terjadinya gerhana matahari dan bulan adalah:

1. Matahari dan bulan adalah salah satu di antara makhluk Allah yang besar namun tunduk di bawah kekuasaan Allah.

2. Dengan terjadinya gerhana maka akan terjadi perubahan iklim dan keadaan setelahnya.

3. Pengingat terhadap hati yang lalai dan lupa akan Rabbnya, sehingga akan sadar dan melakukan kewajibannya sebagai hamba Allah.

4. Sebagai pelajaran untuk semua manusia apa yang akan terjadi di hari qiyamah kelak, sehingga semakin mempersiapkan diri untuk menghadapi hari bertemu dengan-Nya. 

5. Sebagai pengingat bahwa manusia harus selalu berada dalam kondisi Al Khauf (takut) dan Ar Roja (mengharap Pahala Allah), begitulah matahari tertutup setelah normal, kemudian menjadi normal kembali.

6. Juga kadang seorang yang tidak berdosa akan terkena dampak musibah, bagaimana dengan yang selalu berbuat dosa, maka berhentilah.

7. Kebanyakan kaum Muslimin mendatangi shalat tanpa perasaan takut, dengan adanya Shalat Gerhana dengan kondisi yang mencemaskan dari gerhana tersebut barangkali menjadi kebiasaan baik untuk selalu pergi ke masjid menjalankan shalat lima waktu dengan penuh rasa takut jika tidak diterima shalatnya. ( Lihat : Ghayatul Ahkam : 3 / 252 – 2523 ).

Semoga Allah menerima semua amalan kebaikan kita dan menjadikan kita semua termasuk hamba-hamba yang diridhai-Nya. (*)

Penulis: Amirullah
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved