Elpiji Melon Dijual Rp 30 Ribu di Galus

Harga elpiji 3 Kilogram atau populer dengan nama elpiji melon dijual Rp 30 ribu per tabung

BLANGKEJEREN - Harga elpiji 3 Kilogram atau populer dengan nama elpiji melon dijual Rp 30 ribu per tabung di Kabupaten Gayo Lues. Harga di tingkat pedagang pengecer ini dikeluhkan sejumlah pelanggan dan ibu rumah tangga di kabupten tersebut.

Pantauan Serambi di sejumlah kios pedagang elpiji di Blangkejeren, Kutapanjang dan di kecamatan lainnya di kabupaten tersebut. Masyarakat terpaksa harus memberi elpiji 3 Kg yang dijual pedagang pengecer Rp 30 ribu per tabung. Biasanya harga yang dijual pengecer berkisar antara Rp 24 ribu hingga 25 ribu.

Sejumlah ibu rumah tangga di Kutapanjang dan Blangjerango, kepada Serambi, Minggu (20/3) mengatakan, mereka membeli di kios pengecer elpiji 3 Kg Rp 30.000 per tabung. Tingginya harga elpiji molen itu sangat dikeluhkan para konsumen dan ibu rumah tangga. Karena mereka makin terbebani dengan harga tersebut.

“Saat ini masyarakat di kabupaten Galus mayoritas sudah mengunakan elpiji dan dominan memakai elpiji 3 kg. Namun, saat harga itu naik dan melambung di kios pedagang pengecer, para ibu rumah tangga sangat terbebani. Tapi mau tidak mau terpaksa tetap dibeli,” kata Fitri dibenarkan sejumlah ibu rumah tangga lainnya di Kutapanjang dan Blangkejeren.

Para ibu rumah tangga meminta, agar pemerintah daerah mengawasi penyaluran dan pendistribusian gas elpiji 3 kg tersebut. Selain itu, Pemerintah diharapkan menetapkan harga eceran tertinggi (HET) elpiji di tingkat kios pedagang pengecer di kabupaten tersebut.

Sebelumnya, pihak Dinas Perindustrain dan Perdagangan (Kadisperindag) Aceh memerintahkan Kadisperindag Kabupaten/Kota di Aceh merazia penjualan elpiji tabung tiga kilogram (Kg). Karena elpiji subsidi untuk masyarakat miskin yang semestinya seharga Rp 16 ribu per tabung, kini banyak dijual hingga mencapai Rp 35 ribu/tabung, termasuk untuk kebutuhan restoran. Padahal di pangkalan resmi, gas yang hanya untuk masyarakat miskin ini sesuai harga eceran tertinggi (HET) hanya Rp 16.000/tabung.(c40)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved