Penambang Emas Turun Gunung

Sejumlah penambang emas ilegal di kawasan Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya

* Pemkab Nagan Sebar Imbauan

SUKA MAKMUE - Sejumlah penambang emas ilegal di kawasan Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya mulai turun gunung dan menghentikan aktivitasnya.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Nagan Raya Samsul Kamal kepada Serambi kemarin mengatakan penghentian aktivitas tambang emas ilegal itu menyusul adanya imbauan resmi yang ditandatangani Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) pada 18 Maret 2016 lalu.

“Sebagian penambang sudah mulai turuh gunung. Apalagi saat ini kita terus melakukan sosialisasi dan mengimbau kepada penambang untuk tidak melakukan penambangan selama masa penghentian ini,” kata Samsul.

Dia sebutkan Pemerintah Kabupaten Nagan Raya akan menyusun aturan baru terhadap aktivitas penambangan emas sehingga ada payung hukum yang jelas. Apalagi saat ini, kata Samsul Kamal, Pemkab Nagan Raya juga sedang menetapkan batas wilayah yang nantinya akan ditetapkan sebagai kawasan tambang agar tidak merusak lingkungan.

“Oleh karena itu perlu dilakukan penanggulangan secara menyeluruh untuk melindungi masyarakat dan sumber daya alam dari potensi munculnya bencana seperti longsor, banjir, pencemaran air dan sebagainya,” kata Samsul.(edi)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved